close

Lebih dari 700 Record Label Indie Bergabung dalam WIN Fair Digital Deals Declaration

585x249xindie_labels.jpg.pagespeed.ic.Nc0Mq7KhVv

585x249xindie_labels.jpg.pagespeed.ic.Nc0Mq7KhVvLebih dari 700 Record Label Indie dari 23 Negara telah Bergabung dalam Worldwide Independent Network’s Fair Digital Deals Declaration

Industri musik yang telah secara massif bertransformasi ke dalam bentuk digital mendorong para pelaku industri ini membentuk cara jual-beli dan distribusi yang baru untuk tetap bertahan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh lebih dari 700 record label indie ini adalah dengan menandatangani Fair Digital Deals Declaration.

Deklarasi tersebut secara resmi telah diluncurkan Rabu, 16 Juli 2014 dengan dikoordinasi oleh Worlwide Independent Network (WIN). Beberapa record label indie yang menandatangani, seperti dilansir oleh Billboard.com, di antaranya adalah Domino, Glassnote, Ninja Tune, Secretly Canadian, Saddle Creek, Sub Pop, XL Recordings and the Beggars Group, representing 4AD, Matador and Rough Trade.

Deklarasi ini dibuat untuk membentuk iklim industri musik yang lebih bersahabat bagi para musisi. Termasuk dengan memberikan informasi yang lebih terbuka mengenai promosi dan royalti. Komitmen ini dirasa perlu untuk melindungi para seniman musik dan memastikan mereka mendapat perlakuan yang adil.

Menurut Independent Music (A2IM) kepada Rolling Stone, munculnya gagasan mengenai deklarasi tersebut didorong oleh peristiwa di mana Youtube membayar musisi dari record label indie lebih rendah dibandingkan dengan musisi yang bernaung di bawah record label major. “Inisiatif membuat deklarasi ini dimulai sekitar enam bulan lalu. Kasus YouTube adalah contoh dari perlakuan yang tidak adil kepada musisi indie,” ujar Rich Bengloff saat wawancara dengan Rolling Stone.

Isi dari Fair Digital Deals Declaration tersebut akan fokus pada lima hal mendasar, yaitu transparansi royalti, perhitungan untuk royalti yang tidak terkait musik, mendorong standar layanan digital, mendukung musisi yang anti pembajakan dan mendorong label musik indpenden. [Faida Rachma]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response