close

#lelagu14: Pertunjukan Manis yang Menghipnotis

IMG_1579
#lelagu14 © Warningmagz
#lelagu14 © Warningmagz

Jogja, kota yang bersahabat bagi siapapun untuk dapat mengekspresikan geliat kreatifitas, hal itu dapat terlihat dari #lelagu sebuah mikro gig yang dihidupkan oleh siapapun yang merasa bahwa seni harus diapresiasi”

Setelah sebelumnya pihak panita terpaksa mengundur acara hingga satu minggu karena terdapat kendala cuaca, kini #lelagu14 kembali digelar pada Jumat, (4/4). Dengan turunnya hujan hingga malam menjelang, tidak mengurungkan niat penonton yang telah menunggu di pelataran Kedai Kebun Forum untuk menikmati penampilan dari para line-up. #lelagu14 pada edisi kali ini tertitel “Si Kancil Dan Kurcaci Raksasa”.

Sphinxter © Warningmagz
Sphinxter © Warningmagz

Pertunjukan dimulai tepat pada pukul 20.00 oleh penampilan Sphinxter yang hadir dari Melbourne, menampilkan sebuah pertunjukan yang menghipnotis para penonton dengan suara vokal berpenghayatan tinggi dan alunan melodi gitar yang disertai efek delay seolah memberi tambahan warna yang identik dengan shoegaze. Berkolaborasi dengan RuRu (Rupa Rusak) yang dihadirkan dari Bumi Sriwijaya menampilkan karya yang langsung diaplikasikan dari OHP ke layar diatas stage, menimbulkan rasa penasaran karya apa yang dihasilkan pada setiap akhir lagu. Didukung dengan tata lampu redup menambahkan aura energi yang ingin disampaikan oleh Sphinxter, RuRu, dan selingan oleh Moki yang mengisi set drum. Yang menarik adalah ketika pada lagu terakhir Sphinxter dan RuRu mencoba menyampaikan sebuah pesan sosial dengan menampilkan sebuah film dokumenter yang mendukung sebuah perjuangan masyarakat rembang yang menolak sebuah pembangunan semen di daerahnya, atau biasa kita kenal dengan kasus Samin Vs Semen.

Penampil berikutnya merupakan kolaborasi dari tiga orang yang sudah sangat dikenal handal dalam menghasilkan musik folk yang dapat membius keheningan setiap kali mendengar karya dari masing-masing trio berpengalaman ini, yaitu Gardika Gigih (piano) , Pepi “Layur” (vocal gitar) dan Jimi (Cello). Dengan format yang sangat menarik ternyata bener saja mereka memainkan kolaborasi ini dengan piawai, membawakan materi dari ketiganya seakan makna lirik dapat tersampaikan ke ingatan penonton yang sangat menanti kolaborasi dari mereka yang lebih dulu menjadi jagoan soundcloud. Mulai dari nomor “Dawn”, “Kereta Senja”, “I’ll Take You Home”, “Tenggelam” dan “Ocean Whisper”. Rentetan nomor-nomor handal tampak sangat matang dipersiapkan, serta didukung oleh visual siluet oleh Kahfi Eska Yusac.

Frau © Warningmagz
Frau © Warningmagz

Selanjutnya penampilan yang ditunggu-tunggu pun hadir sebagai pemanis malam itu, Frau. Disambut oleh tepuk tangan riuh dari penonton yang berjumlah sekitar 250 pada malam itu. Leilani tampil dengan dress merahnya hadir ke atas stage ditemani oleh Restu Ratnaningtyas sebagai ilustrator visual. Yang sepakat saling bergantian memberi sugesti dari karya siluet terhadap lantunan musik Frau dan sebaliknya, sehingga dari penampilan kolaborasi antara pesan musik dan visual seakan semakin nyata di benak penonton. Dengan suara yang prima Frau terus mendapat sorakan riang dari para penonton yang terlihat sumringah terhibur dari penampilan optimalnya. Dengan membawakan nomor-nomor andal seperti “Semu”, “Tukang Jagal”, “I’m A Sir” dan ditutup oleh “Sepasang Kekasih Yang Pertama Bercinta Di Luar Angkasa” yang merupakan lagu kover dari karya Melancholic Bitch menjadi penutup yang sangat berkesan.

#lelagu14 © Warningmagz
#lelagu14 © Warningmagz

“Acara yang disajikan oleh lelagu edisi ke 14 kali ini sungguh memikat dari tata lampu, musik hingga visual siluet yang disajikan dikemas dengan apik. Sangat tidak menyesal melihat penampilan line-up malam ini, semakin timbul rasa kekeluargaanya karena antusiasme penonton yang tinggi dapat terbayar walau tidak harus membayar tiket masuk” ungkap Sigit, salah satu penonton yang datang dari Jakarta. Patut ditunggu kemeriahan seperti apa lagi yang disajikan oleh #lelagu pada edisi-edisi selanjutnya. [WARN!NG/Dadan Ramadhan]

 

Event by : Lelagu, Kedai Kebun Forum

Venue : Kedai Kebun Forum, Jogja

Date : Jumat, 3 April 2015

Man Of The Match : menampilkan kolaborasi prima antara musik dan seni visual yang menghipnotis!!!

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response