close

Low Pink: Menjamah Titik Sentuh Estetika

img_0262

 

Low Pink
Low Pink

 

Inspirasi bisa datang darimana saja. Tak melihat waktu, tempat dan siapa yang ingin dihampirinya. Bergerak dari segala penjuru lantas meneteskan tinta kecermelangan pikir yang menyediakan resonansi berkah. Bagi setiap musisi, inspirasi merupakan rangsang utama untuk menciptakan karya. Semacam pemantik sumbu ledak yang tinggal menunggu aba-aba dari sang empunya benda. Dari garis itu inspirasi mampu mengarahkan kemana alir berjalan. Apakah ke batas kemampuan atau menghadap langit klimaks kepercayaan diri. Atas dasar tersebut, seorang pemuda bernama Raoul Dikka berupaya mewujudkan impiannya dengan menuliskan titah kesenangan dalam wujud Low Pink.

Sumber inspirasi terbesar Raoul Dikka tak lain dan tak bukan berada di sudur kamar pribadinya. Perspektifnya berkata bahwa kamar ibarat instalasi seni yang menerangi setiap ide liar di kepala dengan racikan-racikan bernas; menari di bawah alam sadar konsentrasi. Dibalik cat tembok berwarna terang maupun gelap, bergradasi abu ataupun abstrak, berornamen rancak bersama bongkah batu yang terlihat malu-malu mengakar kuat, ternyata terselip daya kreasi yang sedari lama menanti dibangkitkan seraya melantangkan provokasi penahbisan diri.

Berawal dari Kota Malang, sekitar 2 (dua) tahun lalu, Raoul memulai proyeknya seorang diri. Berbekal instrumen yang berdiri di dalam kamar, ia kemudian mengotak-atik konstruksi nada serta melodi agar membentuk komposisi padu dan tepat. Memoles beragam variasi, tak sedikit pula melakukan improvisasi. Setelah terkumpul gumpalan niat yang kokoh, nama Low Pink pun dipilih untuk menjadi integritas perwakilan; menggambarkan intensitas rendah akan segala macam objek yang terpampang di depan mata.

Seiring berjalannya waktu, hasrat Raoul untuk mengeluarkan karya semakin membuncah dalam dada. Ingatannya menarik ke belakang ruang yang berisi transkrip materi dari hasil meditasi. Alhasil, pada bulan Agustus silam, EP perdananya yang bertajuk Phases resmi diedarkan ke pasaran dengan menggandeng Kolibri Rekords. Selama proses pengerjaan, semua ide dan narasi imajiner berasal dari selaput pikiran Raoul sebelum dituangkan ke bentuk lagu. Ia acapkali mendefinisikan Low Pink sebagai one-format-band meski hanya menjadi pijakan mula untuk fase pencarian karakter. Namun ke depannya, Low Pink akan tampil dengan format full band supaya kompleksitas bermusik mampu disampaikan secara baik.

Phases memuat 6 (enam) komposisi yang saling menautkan satu sama lain. Warna dream pop dan psychedelic masih mendominasi kuat; mengingatkan sosok Tame Impala dengan gurat kegundahan Radiohead. Masing-masing lagu memiliki makna perenungan pribadi. Dibuka dengan “Enter” yang sarat instrumental. Lalu “Phases” yang bercerita perihal makna hidup yang silih berganti tanpa henti. Di nomor “I Feel Like My Life Stops” Raoul dihujam kesepian teramat walaupun keramaian hadir mengitari sekeliling. Sedangkan “Someone For Your Days” didedikasikan kepada seseorang yang berpengaruh besar. Kemudian “Keep Walking” dan “You” mengisahkan mengenai refleksi bayangan cermin sampai pencarian harapan yang berujung tragedi.

Sejauh ini, Raoul mengerjakan dan mengarahkan beragam hal baik dari segi audio maupun visual. Ia adalah konduktor utama yang memberi nafas instruksi untuk mengambil langkah apa selanjutnya. Pengambilan ide dalam Phases melibatkan tatapan realita dan pola pikir kebanyakan yang diputar dengan cara lain; sekaligus menyaksikan bagaimana jadinya apabila terdapat ketidaksesuaian ritme seperti biasanya. Untuk memuluskan sepak terjang Phases, Raoul turut serta mengajak rekan-rekannya berkontribusi di antaranya, Daffa Andika dan Ratta Bill dari Kolibri Rekords, Xandega dari Polka Wars sampai visual-artist Kendra Ahimsa.

Petualangan Raoul bersama Low Pink tak berhenti pada pelabuhan ini. Layaknya nahkoda kapal, ia terus mencari tanah ekspansi yang dapat menampung gemerlap substansi pikiran. Entah beberapa waktu ke depan atau mungkin di jangka yang tak ditentukan. Hanya ia yang mengerti kapan harus memberhentikan diri. [WARN!NG/Muhammad Faisal]

 

Go check it!

Soundcloud Low Pink

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response