close

Malam Penutupan dan Pengumuman Pemenang JAFF 2016

speech pemenang Golden Hanoman Award
awarding night JAFF

Bertempat di Gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta, Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) edisi kesebelas resmi ditutup pada Sabtu (3/12) kemarin . Acara diawali dengan pengumuman pemenang dari enam penghargaan yang diadakan tahun ini. Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film asal Kirgistan berjudul Travelling With the Bomb.

Antusiasme terhadap JAFF tak juga luntur hingga malam penutupan, terbukti dengan banyaknya penonton yang harus masuk daftar tunggu untuk menyaksikan film garapan Nurlan Abdykadyrov tersebut. Sebelumnya, panitia JAFF juga harus menambahkan jadwal pemutaran Istirahatlah Kata-kata, Salawaku, dan Ziarah untuk mengakomodasi jumlah penonton yang melampaui ekspektasi.

Prestasi Istirahatlah Kata-kata juga semakin dimantapkan dengan diraihnya Golden Hanoman Award yang merupakan penghargaan tertinggi di JAFF. Menyusul film panjang perdana Yosep Anggi Noen itu, The Island Funeral milik Pimpaka Towira dianugerahi Silver Hanoman Award. Sementara itu, Wicaksono Wisnu Legowo berhasil menyabet penghargaan NETPAC Award dan Geber Award dengan filmnya yang berjudul Turah. Tidak hanya Wicaksono Wisnu Legowo, Kamila Andini juga diganjar dua penghargaan sekaligus melalui film pendek Memoria.

Selama enam hari penyelenggaraan, JAFF 2016 menampilkan 138 film, baik pendek maupun panjang, yang berasal dari 27 negara di area Asia Pasifik. Sekitar 8.000 penonton hadir di tiga tempat pemutaran yaitu Gedung Societet TBY, Empire XXI, serta Grhatama Pustaka.  Selain ketiga tempat tersebut, JAFF juga kembali menyelenggarakan rangkaian Open Air Cinema, loka karya, dan forum komunitas. [WARN!NG/Kevin M.]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response