close

Menelisik Sejarah Homicide dalam Bingkai Pameran Karya

POSTER-TNTHOMICIDE
the nekrophone traces
the nekrophone traces

Siapa yang tak kenal Homicide? Grup hiphop ini telah lama bubar namun masih menyimpan spirit perubahan yang kuat mengendap di bawah sadar para penggemarnya. Didirikan di Bandung medio 1994 oleh Herry Sutresna (Morgue Vanguard), Aszy Syamfizie (Sarkasz), Adolf Triasmoro (Punish) dan Kiki Assaf (Kassaf), mereka menjelma sebagai grup hiphop yang kental dengan lirik-lirik kritis tentang perubahan sosial dan sorotan-sorotan tajam akan bahaya neoliberalisme dalam ekonomi global hari ini sebelum membubarkan diri di tahun 2007.

Atas dasar rekam jejak dan sepak terjang mereka yang fenomenal, S.14 Artspace and Library mengadakan pameran yang bertajuk The Nekrophone Trace: Arsip, Manuskrip dan Dokumentasi Homicide. Pihak penyelenggara menilai bahwa riwayat dan reputasi Homicide layak dikaji sebagai sumber penelitian dalam ranah kebudayaan di tanah air dengan menyajikan kumpulan koleksi rilisan fisik (CD, kaos, vinyl), sinema (video musik), teks (manuskrip lirik), dan visual (poster, foto). Harapannya dalam gelaran pameran ini, publik dapat melihat kilas balik Homicide dalam peta kancah musik Bandung dari ragam perspektif umum juga spesifik.

Selain pameran, akan dihelat pula diskusi bertemakan Musik dan Perubahan Sosial dengan pembicara Homicide, Lingga Agung, Indra Himawan a.k.a Papap dan Taufiqrahman. Di sisi lain, Ucok Homicide akan menggelar workshop pengenalan dasar musik hiphop dengan metode sampling bersama Jay, beatmaker dari Eyefeelsix. Lalu ada pula screening film sejarah pergerakan hiphop dengan Ucok Homicide yang bertindak sebagai kurator.

The Nekrophone Trace: Arsip, Manuskrip dan Dokumentasi Homicide dibuka mulai tanggal 31 Mei sampai 30 Juni 2016 bertempat di S.14 Artspace and Library Jalan Sosiologi 14 Komplek Perum Unpad, Cigadung, Bandung. Untuk info dan jadwal selengkapnya dapat mengakses s14artspacelibrary.com. [WARN!NG/Muhammad Faisal]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.