close

Menyempurnakan “Stairway To Heaven”

no thumb

Pada 8 November 1971 , Led Zeppelin merilis album keempat mereka . Mereka tidak memberi judul pada album mereka dan hanya memberi simbol angka empat [IV] , The Fourth Album atau Led Zeppelin IV , yang telah terjual lebih dari 37 juta kopi di seluruh dunia .

***

Beberapa bulan sebelum rilis, tepatnya Januari 1971 Zeppelin memutuskan untuk keluar kota dan memulai penyempurnaan album keempat mereka. Mereka kembali ke ruang di mana mereka semua bisa berkontribusi dengan santai. Untuk album sebelumnya mereka telah mulai bekerja di Headley Grange di Headley, Hampshire, Inggris dan mereka pun ingin mengulangi kesuksesannya di album keempat mereka.

Di tengah-tengah proses rekaman, Jimmy Page seperti kesurupan, inspirasi terus mengucur di benaknya dan ide-ide brilian mewarnai saat-saat itu. Kendati begitu, energi sang pentolan justru dituangkan dalam satu nomor, yakni “Stairway To Heaven”. Di tengah hectic rekaman, penyempurnaan nomor ini pun jadi salah satu hal yang membutuhkan waktu cukup banyak.

Selang dua bulan, usai menyempurnakan “Stairway To Heaven”, yang fenomenal namun tidak tercantum dalam album pertama mereka, Led Zeppelin memutuskan untuk bermain di Irlandia. Pertama, mereka memainkan nomor itu secara live untuk pertama kalinya di Belfast’s Ulster Hall, Irlandia utara. Besoknya, mereka melantunkan nomor itu di Dublin. [DJ]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.