close

Merangkai Trilogi Catatan, Kota & Ingatan Rilis “Peluru”

Kota & Ingatan

Kuintet anyar asal Yogya, Kota & Ingatan baru saja merilis single anyar mereka “Peluru” pada 20 Januari 2017 lalu. Single ini dirilis via kanal Soundcloud mereka. “Peluru” yang digarap sejak akhir 2015 ini merupakan bagian dari “Trilogi Catatan”. Ini merupakan skema yang dibuat Kota & Ingatan. Dua single lainnya yang termasuk di dalam skema ini adalah “Alur” yang dirilis Juni 2016 lalu, dan “Etalase” yang masih belum dirilis. Kota & Ingatan beranggotakan lima orang yaitu Aditya Prasanda (pelafal teks), Addi Setyawan (bass), Indradi Yogatama (gitar), Maliq Adam (gitar), dan Alfin Satriani (drum).

Trilogi Catatan ini merupakan sebuah penulisan naskah tiga babak yang berpijak pada catatan mengenai Permanent Performance of Violence (kekerasan permanen yang diperformakan). “Peluru” adalah sebuah catatan tentang adanya relasi-kuasa yang memicu kekerasan horizontal di masyarakat. Adanya peran kuat pemerintah-militer menekan masyarakat dengan berbagai pembelokan sejarah dan kebohongan. Perihal kekerasan horizontal yang tumbuh dari hal ini telah dijelaskan di “Alur”.

kota&Ingatan

Melalui sebaris lirik yang tegas: “peluru-peluru itu akan terus mencarimu”, Kota & Ingatan menggambarkan sejarah yang dilenyapkan dan masyarakat yang dirampas hak hidupnya sebagai peluru: selongsong fakta,  saksi dan keluarga yang mencari celah sepanjang tahun; yang akan selalu menuntut pertanggung-jawaban rezim. [WARN!NG/Dadan Ramadhan]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response