close

Merayakan Film Dokumenter di FFD 14

ffd
ffd
ffd

Tahun ini, Festival Film Dokumenter (FFD) akan sampai pada umurnya yang ke-14. Festival yang tiap tahun diadakan pada bulan Desember ini akan dilangsungkan pada 7-12 Desember 2015. Rangkaian acara FFD ke-14 sendiri akan berlangsung di Kompleks Taman Budaya Yogyakarta (TBY) dan IFI-LIP Yogyakarta. Kompleks TBY akan menjadi venue utama dengan tiga tempat pemutaran yaitu Gedung Societet, Ruang Seminar, dan Amphitheater.

Tema yang diusung FFD tahun ini adalah Re-Defining yang merupakan refleksi atas perkembangan film dokumenter Indonesia yang makin semarak. Re-Defining sendiri mewakili bagaimana kini di tengah masyarakat, kita sebagai individu tengah sibuk mempertanyakan perkara identitas, mulai dari hal pribadi yang kita bawa dalam sejarah dan memori, hingga hal-hal lain diluar diri yang saling bersinggungan dan mempengaruhi. Re-Defining sendiri akan diwujudkan dalam film-film yang masuk di program Perspektif.

Program perspektif sendiri adalah salah satu cabang dari dua program utama FFD, yaitu Kompetisi dan Non-Kompetisi. Program Kompetisi akan dibagi dalam tiga kategori berdasarkan durasi, yaitu panjang, pendek dan dokumenter pelajar. Sedangkan program Non-Kompetisi terdiri dari program Perspektif, Spectrum, Docu Francais, Thai Doc, dan beberapa lainnya. Menurut panitia, tahun ini FFD menerima 133 entry karya untuk Kompetisi. Angka tertinggi yang pernah diraih FFD selama 14 tahun penyelenggaraanya. Total dari semua program, FFD 14 akan memutarkan 52 judul film dokumenter selama lima hari.

Tahun ini FFD juga bekerja sama dengan LARAS-Music Studies yang diwujudkan dalam program Music et Docs. Dalam program ini akan diputar empat judul film tentang dokumenter dan musik yang akan dilanjutkan dengan diskusi. Selain pemutaran film, akan ada program Seminar, Diskusi Good Pitch: Create, Connect, and Change dan Masterclass yang pesertanya sudah ditentukan berdasar open submission yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Dalam penyelenggaraannya, FFD tidak menggunakan sistem ticketing alias gratis. Jadi FFD mengundang publik yang seluas-luasnya mengenali fakta dan meredefinisi identitas dirinya sendiri melalui film dokumenter. [WARN!NG/Titah Asmaning]

ffd
ffd

tentang jadwal dan Festival Film Dokumenter klik di sini.

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.