close

Minikino Tantang Sutradara Muda dalam Begadang Filmmaking Competition

begadang-poster_IG

Minikino tahun ini mengadakan Begadang Filmmaking Competition, yaitu sebuah kompetisi pembuatan film pendek dengan skala nasional pada bulan September-Oktober mendatang. Acara ini akan masuk ke dalam rangkaian festival film pendek International Minikino Film Week kali ke-3 yang akan diadakan di Bali pada 7-14 Oktober 2017 mendatang. Kompetisi film pendek ini hanya diadakan untuk peserta para sutradara yang memegang identitas atau paspor Indonesia saja, dan tidak dibatasi umur.

Yang menjadi tantangan, para peserta ditantang untuk membuat film berdurasi maksimal 5 menit dan mengerjakan prosesnya dalam waktu hanya 34 jam. Durasi ini terhitung mulai 2 September 2017 pukul 8:00 WITA sampai pukul 18:00 WITA tanggal 3 September. Untuk menjamin bahwa film pendek tersebut memang benar-benar dibuat dalam jangka waktu yang ditentukan, elemen-elemen audio visual yang wajib tampil dalam film, dirahasiakan dan baru dibuka tepat pada tanggal 2 September 2017 pukul 8:00 WITA, sebagai penanda dimulainya Begadang Filmmaking Competition serentak di seluruh Indonesia. Selama 34 jam para peserta akan melakukan proses pembuatan film pendek dari awal, mulai membangun cerita, merancang adegan, shooting dan merekam suara, kemudian segera melakukan proses editing.

Jumlah peserta Begadang Filmmaking Competition tidak dibatasi, namun hanya boleh diikuti sutradara yang memegang KTP atau passpor Indonesia. Bagi sutradara Indonesia yang masih dibawah umur, harus memiliki pendamping dewasa selama mengikuti jalannya kompetisi. Lebih lanjut, produksi juga harus dilakukan di wilayah Indonesia. Detail persyaratannya dapat dilihat di minikino.org/begadang. Pendaftaran telah dibuka mulai tanggal 20 Juli 2017 dan ditutup pada tanggal 25 Agustus 2017.

6 finalis terpilih akan diundang ke Bali pada saat festival film pendek internasional 3rd Minikino Film Week berlangsung, yaitu 7 – 14 Oktober 2017 dengan menerima penggantian biaya sebesar 1 Juta rupiah dan akomodasi gratis selama 2 malam untuk hadir dalam malam penganugerahan Internasional pada tanggal 14 Oktober 2017. Dalam acara ini akan diumumkan film pendek terbaik pertama, kedua dan ketiga, memperebutkan hadiah uang tunai sebesar 10 juta rupiah.

Minikino Film Week pada tahun ketiga menghadirkan kompetisi unik ini dengan harapan optimis, untuk menghubungkan lebih banyak lagi para pembuat film pendek di Indonesia, serta menawarkan sebuah pengalaman produksi yang dapat dikenang. Begadang Filmmaking Competition 2017 menjadi catatan yang penting dalam perjalanan waktu perkembangan film pendek di Indonesia. [WARN!NG/Titah AW]

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response