close

Mitos Melankolia : Imajinasikan Mitos

20130509-210831.jpg

Mitosnya, musik adalah satu wujud seni yang dapat jauh mengendalikan batin dan kognitif manusia. Gosipnya, Risa Sarasvati bisa berkomunikasi dengan mereka yang telah tiada, dan kabarnya Yogyakarta telah menjadi salah satu tanah permai mahkluk-mahkluk cutting edge di tanah air. Kongsi Jahat mencoba menyingkap suara-suara itu dalam Mitos Melankolia, sebuah gigs yang diadakan di LAF Garden (Langgeng Art Foundation) pada (06/05/13). Selain Sarasvati, penghibur malam itu ialah Melancholic Bitch dan Sarita Fraya. Sampai di titik ini, paling tidak penjualan tiket yang tanpa sisa telah menjawab salah satu statement diawal.

Menolak budaya ngaret, Sarita Fraya membuka acara sesuai info di poster Mitos Melankolia, yakni pada jam 19.30. Sedikit trivia, gadis ini berusia 23 tahun dan sedang menjalani perkuliahan di jurusan Hubungan Internasional salah satu universitas negeri di Yogyakarta. Malam itu pun ia membawakan ramuan soul-jazz yang sempat membawanya ke panggung Java Jazz dua tahun yang lalu. Sebuah Telecaster menggandeng vokalnya untuk menari-nari pada tembang-tembang seperti “Oldman” dan pop balada “Hatred”. “Suaranya jazzy, tapi beda“, ujar Harna, seorang penonton.

Sayangnya mayoritas penonton memilih bertabiat pasif dalam menikmati sajian dari Fraya. Barisan depan panggung memang penuh, namun itu adalah mereka para penonton dengan posisi duduk bersila seolah siap untuk menangis mengikuti lafadz-lafadz doa dari ulama dalam sebuah pengajian. Naas ketika kemudian pola itu terus berlanjut hingga akhir acara. Bahkan beragam sindiran dari penonton barisan belakang serta ajakan untuk berdiri dari performer tak merubah apapun.

Kembali pada alur perform, sedikit janggal melihat Melancholic Bitch yang sebelumnya terkenal langka ‘manggung’ tiba-tiba tampil secara beruntun hampir di tiap minggunya sekitar satu bulan ini. Apalah, toh mereka belum perlu takut ditinggal bosan oleh penonton, karena paling tidak malam itu penggemarnya masih bertingkah cukup antusias. Seperti biasa, asap rokok menemani Ugor (vokal) dalam mengutarakan larik-larik melankolia berkawal melodi gitar yang mengawang namun terkadang terjun deras menyayat-nyayat. Pada lagu ke enam, puas lah vokalnya bercinta dengan vokal dari headline yang naik panggung kepagian, yaitu Risa Sarasvati dalam “Sepasang Kekasih Yang Pertama Bercinta Di Luar Angkasa”. Band yang baru saja mendaur ulang album Anamnesis ini malam itu mengudarakan sebelas lagu termasuk “7 Hari Menuju Semesta”, “Mars Penyembah Berhala”, dan “Tentang Cinta”.

Semerbak bau dupa tiba-tiba menyatroni venue, lalu senandung “Lingsir Wengi” berkumandang. Siapa lagi yang memiliki gimmick semistis itu? Sarasvati naik panggung dan penonton baris depan masih malas untuk berdiri. Namun di sisi lain polah sebagian penonton itu memunculkan spontanitas konsep menarik bagi penampilan Sarasvati. Risa (Vokal) bak seorang pembaca dongeng dengan puluhan anak-anak yang duduk manis dan siap dijejali imajinasi. Begitulah, dengan gaun hitam, tanpa alas kaki, Risa bercerita tentang Peter, tentang nenek Ivanna, dan teman-teman supranaturalnya yang lain. Hal itu dilakukan dengan sesekali duduk atau turun berjalan pelan melewati penonton sembari menyulap cerita-cerita itu menjadi senandung tembang-tembang yang merasuki batin penonton.

Masih banyak yang dilakukan Risa di panggung malam itu. Seperti memberikan kado ulangtahun untuk salah satu Sarasfamily, memperkenalkan personilnya, termasuk dua drummer yang sibuk bergonta-ganti di tiap lagu dan Yura, keyboardist Sarasvati yang sempat bernyanyi di lagu “Cut And Paste”. Risa juga mengajak seorang wanita bernama Mawar yang kebetulan memiki kualitas vokal mumpuni untuk berduet dalam lagu perdana Sarasvati berjudul “Oh I Never Know”. Pada akhirnya memang tak juga semua penonton percaya dengan narasi-narasi metafisik dari Sarasvati, tapi mereka tetap percaya atas kenikmatan melodi penggugah imajinasi seperti “Bilur”, “Perjalanan”, atau “Story Of Peter”. Dalam Mitos Melankolia, semua mitos adalah mungkin. [Warning/ Soni]

;

Event By : Kongsi Jahat Syndicate

Date : 06 Mei 2013

Venue : LAF Garden (Langgeng Art Foundation)

Man Of The Match : Ketika yang dikuasai Performer tak hanya panggung, namun venue.

Rating : ••• 1/2

Melancholic Bitch feat Sarasvati  at laf garden
Melancholic Bitch feat Sarasvati at laf garden

foto gigs ini bisa dilihat di -> [Gallery] Mitos Melankolia

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response