close

Most Anticipated Movie 2016

MAM2016
Most Anticipated Movie 2016
Most Anticipated Movie 2016

Sampai sekarang, para penggemar film mungkin masih berpikir keras untuk menentukan film terbaik di tahun 2015. Wajar, karena memang sulit. Terlalu banyak film berkualitas dari berbagai genre. Tapi jangan terlalu lama berpikir dan segera lihat kalender. Ini sudah tahun 2016. Sudah saatnya merunut jadwal mengantri di bioskop (atau di warnet, bagi anda para pembajak) untuk satu tahun ke depan. Film superhero belum melewati masa emasnya. Tahun ini saja tercatat delapan rilisan superhero baik dari Marvel maupun DC. Tapi jangan lupa dengan film-film lain yang tidak kalah menarik. Tahun 2016 tentunya tidak akan terasa sepi bagi para pecinta film.

simak daftar di bawah ini!

Hail, Caesar! (5 Februari)

hail caesar
hail caesar

Director: Joel dan Ethan Coen

Cast: George Clooney, Josh Brolin, Scarlett Johansson, Jonah Hill, Channing Tatum

Cerita Hail, Caesar! Sudah terbayang oleh Joel dan Ethan Coen sejak tahun 2004. Kendati demikian, produksi baru dimulai di awal tahun lalu. Hail,Caesar! berpusat pada Eddie Mannix, seorang “fixer” yang ditugaskan mencari uang untuk menebus Baird Whitlock, aktor terkenal yang diculik di tengah produksi film berbudget besar. Kedua karakter itu diperankan Josh Brolin dan George Clooney. Selain itu, sederetan aktor kelas atas juga akan ikut mengambil peran dalam film yang mengambil latar waktu di era Hollywood klasik ini. Dengan Joel dan Ethan Coen di kursi sutradara, Hail, Caesar! agaknya menjadi tontonan wajib bagi yang merindukan kekonyolan ala The Big Lebowski.

 

 

Deadpool (12 Februari)

deadpool
deadpool

Director: Tim Miller

Cast: Ryan Reynolds, T. J. Miller, Gina Carano, Ed Skrein, Morina Baccarin

Lupakan Wade Wilson yang hadir di X-Men Origins: Wolverine. Walaupun kembali dibintangi oleh Ryan Reynolds, Deadpool akan memulai ceritanya dari awal tahun depan. Jangan harap film ringan bermoral khas Marvel Cinematic Universe atau cerita berat seperti The Dark Knight Trilogy garapan Nolan. Deadpool adalah film superhero yang jauh berbeda dari film lain dalam satu genre. Komedi kasar dan kekerasan liar berkat rating R menjadi jaminan setelah melihat trailer Deadpool. Layaknya di komik, Deadpool juga tidak akan ragu untuk menembus dinding keempat dan berinteraksi dengan penonton. Bersiaplah melihat aksi Deadpool yang tidak bertanggung jawab dan serampangan.

 

 

Batman v Superman: Dawn of Justice (25 Maret)

batman v superman
batman v superman

Director: Zack Snyder

Cast: Ben Affleck, Henry Cavill, Gal Gadot, Jesse Eisenberg, Jeremy Irons

Tidak mau tinggal diam melihat kesuksesan Marvel Cinematic Universe, DC segera pasang kuda-kuda dengan Batman v Superman: Dawn of Justice. Kesan epik tidak bisa terlepaskan dengan membaca judulnya saja. Film superhero ketiga Zack Snyder akan mempertemukan dua superhero DC paling populer untuk pertama kalinya di layar lebar. Wonder Woman, The Flash, dan Aquaman yang diperankan Gal Gadot, Ezra Miller, dan Jason Momoa juga turut meramaikan Dawn of Justice. Untuk mengimbangi pahlawan-pahlawan penecetus Justice League, Jesse Eisenberg berperan sebagai Lex Luthor. Tidak ketinggalan, Doomsday siap mengobrak-abrik Dawn of Justice Maret nanti.

 

 

I Saw the Light (25 Maret)

I Saw the Light
I Saw the Light

Director: Marc Abraham

Cast: Tom Hiddleston, Elizabeth Olsen, Cherry Jones, Bradley Whitford, Maddie Hasson

Selain franchise film ratusan juta dollar, Hollywood rasanya tidak akan bosan mengangkat kisah hidup tokoh-tokoh terkenal ke layar lebar. Kini, giliran hidup Hank Williams yang akan dikisahkan lewat I Saw the Light. Tom hiddleston memerankan tokoh tituler dalam film ini. Sementara Elizabeth Olsen akan berada di sampingnya sebagai Audrey Williams. I Saw the Light mengikuti perjalanan hidup Hank Williams dari mulai ia naik daun hingga kematiannya di tahun 1953. Sejatinya, film ini pertama kali premier di Toronto International Film Festival 2015. Namun baru akan dirilis secara komersil pada Maret 2016.

 

 

Captain America: Civil War (6 Mei)

Captain America Civil War
Captain America Civil War

Director: Anthony dan Joe Russo

Cast: Chris Evans, Robert Downey, Jr., Sebastian Stan, Scarlett Johansson, Tom Holland

Sudah delapan tahun sejak Marvel Cinematic Universe dimulai. Tahun depan, MCU akan memulai fase ketiga ekspansinya dengan Captain America: Civil War. Walaupun dilabeli sebagai film ketiga dalam trilogi Captain America, Civil War terasa seperti Avengers dengan banyaknya superhero yang angkat senjata. Sesuai judulnya, narasi akan diadaptasi dari salah satu komik tersukses Marvel. Namun, sebagai bagian trilogi Captain America, pencarian Bucky Barnes yang dimulai di The Winter Soldier juga akan menjadi pendorong narasi. Selain Black Widow, Hawkeye, dan Ant-Man, Civil War juga akan memperkenalkan tokoh baru macam Black Panther dan tentunya si tetangga baik hati, Spider-Man.

 

 

X-Men: Apocalypse (27 Mei)

X-Men Apocalypse
X-Men Apocalypse

Director: Bryan Singer

Cast: James McAvoy, Michael Fassbender, Jennifer Lawrence, Evan Peters, Oscar Isaac

Dengan visi dan aktor baru, First Class dan Days of Future Past bisa dibilang memberikan nafas segar dalam serial film X-Men yang sempat lesu. Tahun ini, Apocalypse segera menyusul. En Sabah Nur, mutant pertama dan terkuat, menjadi figur antagonis dalam film ini. Selain En Sabah Nur, daftar mutant baru dalam Apocalypse diperpanjang dengan hadirnya Psylocke, Angel, hingga versi baru dari Cyclops, Nightcrawler, dan Storm. Bryan Singer dan Simon Kinberg kembali di belakang layar masing-masing sebagai sutradara dan penulis naskah. Apocalypse diyakini akan meneruskan sukses dua film sebelumnya. Absennya Hugh Jackman sebagai Wolverine tentunya tidak menjadi alasan untuk melewatkan X-Men: Apocalypse.

 

 

Independence Day: Resurgence (24 Juni)

Independence Day Resurgence
Independence Day Resurgence

Director: Roland Emmerich

Cast: Jeff Goldblum, Bill Pullman, Sela Ward, Liam Hemsworth, Maika Monroe

Dua dekade silam, Independence Day merengkuh sukses besar. Bertepatan dengan hari kemerdekaan Amerika Serikat, umat manusia diselamatkan dari kepunahan oleh aksi heroik Will Smith. Beberapa orang yang menonton film pertamanya mungkin masih merasa merinding ketika mengingat pidato Bill Pullman dalam film tersebut. Tahun depan, Bumi akan kembali disambangi koloni alien tak bersahabat di Independence Day: Resurgence. Jeff Goldblum dan Bill Pullman kembali memainkan perannya masing-masing sementara Roland Emmerich tetap menjadi sutradaranya. Meski tanpa Will Smith, tidak ada alasan untuk melewatkan Independence Day: Resurgence yang menjanjikan skala invasi lebih besar dari film pertamanya di tahun 1996.

 

 

Star Trek Beyond (22 Juli)

Star Trek Beyond
Star Trek Beyond

Director: Justin Lin

Cast: Chris Pine, Zachary Quinto, Zoe Saldana, Simon Pegg, Idris Elba

Demam Star Wars agaknya tidak akan mereda dalam waktu dekat. Tapi para Trekkies juga akan mendapatkan efek yang sama tahun depan lewat Star Trek Beyond. J. J. Abrams boleh saja berpindah haluan. Kini ia geser posisi sebagai produser dan Justin Lin mengisi kekosongan yang ia tinggalkan. Sementara itu, Simon Pegg sebagai penggemar besar akan memberi inputnya dalam penulisan naskah, di samping tetap mendapatkan peran. Star Trek Beyond mengisahkan kru USS Enterprise yang kini terdampar di sebuah planet asing dan usaha mereka untuk menyelamatkan diri. Aktor-aktor sama kembali memainkan perannya masing-masing sementara keterlibatan Idris Elba sudah dikonfirmasi, rumornya sebagai tokoh antagonis utama.

 

 

Suicide Squad (5 Agustus)

Suicide Squad
Suicide Squad

Director: David Ayer

Cast: Jared Leto, Margot Robbie, Will Smith, Viola Davis, Joel Kinnaman

Seberapa menariknya film superhero tak lepas dari musuh-musuhnya yang karismatik. Tapi, Suicide Squad mengambil langkah berbeda dengan berfokus kepada sekumpulan penjahat super dengan beragam kekuatan. Mulai dari ahli tali-temali sampai penyihir. Meski tidak banyak yang tahu asal muasal Suicide Squad, penampilan Jared Leto sebagai Joker agaknya menjadi daya tarik utama. Begitu pula Harley Quinn yang diperankan dengan “nakal” oleh Margot Robbie. Kabarnya, film ini akan dipenuhi kegilaan dan nuansa gelap. Sampai-sampai David Ayer harus menyediakan psikiater untuk beberapa aktor yang mengalami tekanan mental selama produksi film. Beberapa alasan antaranya karena ulah Jared Leto yang tak pernah lepas dari persona Joker.

 

Rogue One: A Star Wars Story (16 Desember)

Rogue One
Rogue One

Director: Gareth Edwards

Cast: Felicity Jones, Diego Luna, Forest Whitaker, Mads Mikkelsen, Alan Tudyk

Tahun ini, Disney lanjut kejar setoran untuk menutupi uang sebesar 4 milyar dollar yang mereka gelontorkan untuk mengakuisisi Lucasfilm. Selain trilogi baru, rangkaian Anthology Series yang merupakan spin-off juga dipersiapkan, dimulai dengan Rogue One. Ceritanya akan mengambil waktu sebelum Star Wars (1977). Di mana sekumpulan mata-mata Rebel menjalankan operasi rahasia untuk mencuri rencana pemabangunan Death Star. Berbeda dengan film lainnya, Rogue One akan menjauhkan diri dari elemen Force dan lebih dekat dengan nuansa film perang. Gareth Edwards ditunjuk sebagai sutradara. Belum banyak perkembangan lain mengenai Rogue One yang akan dirilis satu tahun setelah The Force Awakens.

 

Assassin’s Creed (21 Desember)

Assassin's Creed
Assassin’s Creed

Director: Justin Kurzel

Cast: Michael Fassbender, Marion Cotillard, Ariana Labed, Jeremy Irons, Michael K. Williams

Selain film, industri video game juga berkembang pesat di dunia hiburan. Maka tak heran untuk melihat adaptasi antara kedua medium tersebut seperti Resident Evil, Prince of Persia, dan Final Fantasy. Sayangnya kesuksesan judul-judul itu sebagai video game tidak bisa diulang di layar lebar. Akhirnya, film adaptasi video game lainnya erat dengan label medioker, kalau bukan lebih rendah lagi. Tapi hal itu sepertinya sepertinya segera berubah. Assassin’s Creed akhirnya dipastikan untuk rilis di akhir tahun ini. Duet Macbeth dan Lady Macbeth, Michael Fassbender dan Marion Cotillard mendapatkan peran utama dalam film ini. Reuni Macbeth berlanjut dengan Justin Kurzel di kursi sutradara.

 

Silence (TBA)

Silence
Silence

Director: Martin Scorsese

Cast: Liam Neeson, Adam Driver, Andrew Garfield, Tadanobu Asano, Shinya Tsukamoto

Martin Scorsese sejatinya sudah memiliki konsep awal adaptasi novel karya Shusaku Endo ini sejak tahun 1997. Namun, dengan banyak alasan, proyek ini terbengkalai. Sampai di tahun 2009, Daniel Day-Lewis dan Benicio del Toro dipilih sebagai aktor utamanya. Dua aktor itu pun mengundurkan diri setelah Scorsese menunda penggarpan Silence. Penundaan ini sempat menyulut perseteruan antara Martin Scorsese dan produser Vittorio Cecchi Gori. Di awal tahun 2015, akhirnya Silence memasuki tahap produksi dengan target rilis akhir tahun, yang tidak terpenuhi. Kendati banyak melewati penundaan, semua film Martin Scorsese tentunya patut dinanti. Cannes Film Festival 2016 diyakini sebagai momen tepat untuk merilis Silence.

 

[WARN!NG/Kevin M.]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response