close

Musisi Jazz Yuseef Lateef Meninggal di Usia 93

source last fm
source last fm

Musisi yang telah memadukan musik dunia dengan gaya jazz-nya yang tradisional meninggal pada 23 Desember. Lateed dikabarkan meninggal di Shutesbury, Massachucetts setelah berjuang melawan kanker prostat yang dideritanya. Pemakamannya telah diadakan tanggal 26 Desember kemarin.

Lateef dilahirkan pada tahun 1920 di Chattanooga, Tennesse dengan nama William Emanuel Huddleston dan menghabiskan masa remajanya untuk bermain musik jazz di Detroit. Ia merupakan komposer dan saxophonist yang juga mampu memainkan flute, oboe, dan bassoon. Ia pernah melakukan perform bersama musisi-musisi jazz ikonik seperti Mules Davis, Dizzy Gillespie, dan Charles Mingus. Pada tahun 1987 albumnya Little Symphony memenangkan Grammy untuk best new age performance.

Presiden dari The Recording Academy, Neil Portnow, mengungkapkan rasa belasungkawanya untuk Lateef. ‘Ia tidak pernah terkungkung oleh genre dan batasan-batasan, ia menghadirkan instrumen woodwind dari berbagai negara ke dalam musiknya. Pengalamannya sebagai edukator musik telah meresap dalam karya-karyanya, dan ia melanjutkan mengomposisi lagu dan memainkan perform hingga  musim panas kemarin. Blantika musik, khususnya jazz, telah kehilangan salah satu musisi terbesarnya, dan karya peninggalannya akan terus menginspirasi generasi mendatang.’ pungkasnya. [Contributor/ Damar PW]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.