close

Navicula Rilis ‘Kartini’ di Hari Kartini

NVCL-profile-8
navicula
navicula

Navicula merilis sebuah lagu bertajuk “Kartini” melalui laman resmi Facebooknya pada Kamis (21/4) untuk memperingati Hari Kartini. Berdurasi tiga menit lebih, nomor ini tersaji dalam video footage hitam-putih koleksi Sorgemagz dan Watchdoc yang berisi berbagai rekaman aksi di depan Istana Merdeka (11/4) lalu. Aksi ini berisi penolakan pembangunan pabrik semen di Pegunungan Kendeng (Rembang, Blora, Pati, Groboga, Kudus).

Lagu baru ini dipersembahkan untuk sembilan ibu dari Pegunungan Kendeng yang memasung kakinya dengan semen sebagai simbol penolakan. Mereka menegaskan bahwa hadirnya pabrik semen di wilayah pertanian Pegunungan Kendeng merusak sumber kehidupan dan lingkungan. Pegunungan Kendeng memang merupakan kawasan karst dengan banyak gua dan mata air yang digunakan untuk kepentingan perairan, pertanian, pariwisata, dan kegiatan budaya oleh masyarakat setempat.

Navicula juga menyampaikan hal terkait demonstrasi penolakan ini. “Aksi penolakan pabrik semen sudah dimulai sejak 2005 oleh warga Sukolilo, Pati. Pada tahun 2006, warga mengajukan keberatan dan penolakan atas rencana pendirian pabrik semen ke pemerintah Jawa Tengah. Aksi-aksi penolakan warga terus berlanjut, namun hingga saat ini pemerintah belum menunjukkan keberpihakan pada warga,” tulis band psychedelic grunge ini di laman Facebooknya.

Pertambangan di Pegunungan Kendeng berdampak pada rusaknya tata air kars dan ancaman risiko bencana ekologi, baik kekeringan maupun banjir bandang. Serta, ancaman bagi identitas dan budaya asli penduduk sekitar, yaitu masyarakat petani.

Sampai saat ini, ”Kartini” telah disaksikan sebanyak 16 ribu kali. Beberapa pengguna Facebook juga telah menanggapi kehadiran nomor ini. [contributor/ Oktaria Asmarani]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response