close

Nenek Asal Gunung Kidul Raih Nominasi Aktris Terbaik Festival Film ASEAN

Aktris Terbaik – AIFFA

Mbah Ponco Sutiyem, seorang nenek berusia 95 tahun warga desa Ngawen, Gunung Kidul, dinominasikan sebagai Best Actress dalam ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA) 2017 melalui film Ziarah. Dalam kategori aktris terbaik, Mbah Ponco bersaing dengan nominator lainnya yaitu Ngoc Thanh Tam (The Way Station, Vietnam), Subenja Pongkorn (Bangkok Nites, Laos), Al-al Delas Allas (Area, Filipina), dan Cut Mini (Athirah, Indonesia).

Ziarah, sebuah film karya sineas asal Yogyakarta, BW Purba Negara, berhasil dinominasikan dalam empat kategori yaitu Best Film, Best Screenplay, Best Director, dan Best Actress. Di film tersebut, Mbah Ponco berperan sebagai Sri, seorang nenek berusia 95 tahun yang mencari makam suaminya yang hilang pada zaman Agresi Militer Belanda II. Tujuan perjalanan Mbah Sri ini sederhana saja: ia ingin dimakankan di samping makan suaminya.

Terpilihnya Mbah Ponco untuk bermain di Ziarah tidak terlepas dari proses casting yang jauh dari kelaziman casting film pada umumnya. Tim film berkeliling ke desa-desa untuk mencari orang-orang lansia yang memingkinkan untuk berakting. “Saya memang menghindari bentuk-bentik acting yang stereotype, saya juga ingin film Ziarah menjadi ruang ekspresi bagi orang-orang yang tidak pernah mempunyai ruang di media mainstream,” jelas BW Purba Negara dalam rilis resmi yang diterima WARN!NG.

Casting yang dilakukan dari rumah ke rumah akhirnya mempertemukan tim film Ziarah dengan Mbah Ponco Sutiyem, yang benar-benar mengalami masa perang. Pada agresi militer Belanda II, suaminya ditangkap Belanda sementara ia hamil tua, perjalanannya pun diwarnai kejaran peluru. Beberapa potongan pengalaman Mbah Ponco itulah yang turut dimasukkan ke dalam film—membuat aktingnya jadi tampak dramatis, unik, dan otentik, serta jauh dari stereotype.

Malam penganugerahan dari AIFFA akan dilaksanakan pada 6 Mei 2017 di Kuching, Sarawak, Malaysia. Sementara itu, film Ziarah akan tayang di bioskop nasional mulai 18 Mei 2017. Trailer sudah dapat disaksikan di laman youtube Film Ziarah.[WARN!NG/Christina Tjandrawira]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response