close

Ngayogjazz 2015 Digelar Hari Ini

ngayogjazz 2015

ngayogjazz 2015Sejak pertama kali digelar pada tahun 2007 lalu, Ngayogjazz semakin menjelma sebagai agenda yang wajib didatangi oleh para penikmat musik jazz tanah air, khususnya di Yogyakarta dan sekitarnya. Ngayogjazz adalah sebuah peristiwa budaya yang bersifat terbuka dalam menyerap berbagai kehidupan seni budaya yang berasal dari masyarakat. Ngayogjazz yang digelar tiap tahun ini, selalu memilih tempat penyelenggaraan di pedesaan yang sekaligus melibatkan masyarakat desa tersebut untuk ikut aktif berpartisipasi demi kesuksesan Ngayogjazz.

Pada tahun ini Ngayogjazz kembali digelar pada 21 November dan mengambil tempat di Desa Pandowoharjo Sleman Yogyakarta. Alasan pemilihan desa Pandowoharjo sebagai tuan rumah, disebabkan latar belakang desa tersebut yang sudah menjadi sebuah desa budaya dimana masyarakatnya sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam kegiatan kesenian.

Musik jazz yang menjadi menu utama dari sajian Ngayogjazz selama bertahun-tahun, dapat dirasakan memiliki spirit kebebasan yang memberikan ruang ekspresi bagi musisi yang memainkan warna jazz. Bukan hanya teknik, genre, komposisi, dan aransemen saja yang berbaur dalam musik jazz, akan tetapi latar belakang seni musik tradisi pun diberikan ruang untuk berbaur bersama. Hal ini merupakan sebuah praktek dalam membangun harmoni dari saling menghargai, menyimak dan menyikapi satu sama lain.

Menurut rilis resmi yang diterima WARN!NG, Ngayogjazz tahun ini mengambil sebuah tema yang disebut dengan “Bhineka Tunggal Jazz-nya”, tema ini muncul dari adaptasi filosofi “Bhineka Tunggal Ika” yang juga dapat ditafsirkan sebagai walau berbeda-beda tetapi disatukan oleh musik jazz. Ngayogjazz diibaratkan sebagai ruang terbuka bagi berbagai macam elemen yang meliputi musisi, masyarakat luas bahkan keadaan alam selama berjalannya acara pun hadir untuk saling memberi, menerima dan bereaksi sehingga menghasilkan sebuah pengalaman baru dalam menikmati musik jazz. Ngayogjazz adalah sebuah rekonstruksi dari sebuah situasi dan kondisi khas Yogyakarta, yang merupakan uniqueness sekaligus seliing point dari Ngayogjazz yang tak ada di acara jazz manapun di indonesia. Semua yang hadir akan merasakan pengalaman menikmati musik jazz yang terjadi at the moment, at the scene. [WARN!NG/Dadan Ramadhan]

Pakeliran dan Denah Lokasi 2015
Pakeliran dan Denah Lokasi 2015
Peta Menuju Ngayogjazz 2015
Peta Menuju Ngayogjazz 2015
Peta ShuttleJazz
Peta ShuttleJazz
warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response