close

Ngayogjazz Siap Diselenggarakan Untuk Kesepuluh Kalinya

ngayogjazz-presscon
Presscon Ngayogjazz
Presscon Ngayogjazz

Diakui secara luas sebagai salah satu festival jazz berkualitas dengan konsep yang sangat berbeda dengan kebanyakan festival jazz yang identik bermain di gedung dengan setelan kostum formal, Ngayogjazz konsisten mengusung konsep yang siap merangkul seluruh lapisan untuk dapat menikmati musik jazz bahkan digelar secara gratis. “Hamamangun Karyenak Jazzing Sasama”, membangun karya jazz yang indah bagi sesama manusia itu lah yang menjadi slogan Ngayogjazz 2016 yang akan dilangsungkan pada Sabtu Pon, 19 November. Sejak diselenggarakan pada tahun 2007 silam, Ngayogjazz kian menarik disetiap edisinya karena selalu berpindah-pindah desa di seputar Kota Yogyakarta dalam penyelenggaraannya. Begitupun dengan Ngayogjazz 2016, pihak penyelenggara telah memutuskan untuk menunjuk Padukuhan Kwagon, Sidorejo, Godean, Sleman, Yogyakarta untuk mendapat kesempatan menjamu para pengunjung yang diperkirakan jumlahnya dapat mencapai belasan hingga puluhan ribu tersebut.

Improvisasi yang menjadi keunikan permainan musik jazz secara live, muncul di setiap langkah perencanaan, persiapan, hingga pagelarannya. Sejak bulan Oktober lalu, penduduk desa bersama penyelenggara Ngayogjazz telah berkerja keras bersama untuk mempercantik Padukuhan Kwagon, seperti layaknya musisi di sebuah jazz big band. Sebagaimana musisi jazz, penyelenggara membentuk sebuah harmoni kerja dengan penduduk desa yang kerap memiliki ide-ide kreatif yang membuat Ngayogjazz selalu cantik di setiap pagelarannya.

Ngayogjazz 2016 Line-up
Ngayogjazz 2016 Line-up

Di edisi yang kesepuluhnya, rangkaian Ngayogjazz tidak hanya melulu tentang musik, akan tetapi Ngayogjazz juga telah mengadakan workshop sebagai media untuk berbagi pengalaman dan pemahaman, baik kepada tim Ngayogjazz sendiri maupun kepada sesama penggiat event dan festival. Workshop yang telah diselenggarakan sejak bulan Oktober lalu, terdiri dari workshop artistic, stage management, public relation, dan sound engineering.

Sesuai dengan lokasi digelarnya Ngayogjazz 2016 di Kwagon yang terkenal dengan sentra industri genteng, tahun ini terdapat enam panggung yang diberi nama sesuai dengan jenis-jenis genteng: panggung genteng Kodok, genteng Kripik, genteng Krepus, genteng Wuwung, genteng Garuda, dan genteng Paris. Panggung-panggung yang mulai menyala sejak pukul 10.00 WIB tersebut akan menampilkan Fariz RM Anthology Kuartet, Monita Tahalea, Tohpati & Friends, Emerald – Bex feat.Dudy Oris, Shadow Puppets & Harvey Malaihollo, Kolaborasi Arupadhatu Jazz, Sweetener & Andi Bayou Project, Bonita & The Hus Band, Ricad Hutapea Trio feat.Renata Tobing, Nikita Dompas Trio feat.Mian Tiara, Risky Summerbee & The Honeythief, Sono Seni Ensamble, MLD Jazz project, Komunitas Jazz Jogja, Momo & Parabiru dan masih banyak lagi.

Selain itu, kesenian tradisional yang dipersembahkan oleh masyarakat Padukuhan Kwagon juga akan turut memeriahkan Ngayogjazz 2016 seperti tarian rampak buto, kirab pasukan bregada, dan kirab ogoh-ogoh. Tidak ketinggalan karawitan dari tari anak Padukuhan Kwagon juga akan tampil di sebuah panggung yang diberi nama panggung genteng Morando.

Ngayogjazz map
Ngayogjazz map
Ngayogjazz map
Ngayogjazz map

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menurut rilis resmi yang diterima WARN!NG saat temu media, para pengunjung ketika menuju Ngayogjazz 2016, dari pasar Godean dapat mengarah ke barat, lalu Padukuhan Kwagon berada di sebelah utara jalan. Ada banyak kantung parkir motor dan mobil bagi pengunjung yang membawa kendaraan. Bila tidak mau repot mencari tempat parkir, pengunjung Ngayogjazz dapat menaiki Shuttle Jazz dari Jogja National Museum atau Taman Kuliner Condong Catur mulai dari pukul 11.00 WIB. Informasi mengenai Ngayogjazz dapat diakses di www.ngayogjazz.com atau ikuti akun Twitter, Facebook, dan Instagram resmi milik Ngayogjazz, termasuk untuk mendapatkan informasi lokasi dan jadwal acara di tujuh panggung yang tersebar di berbagai tempat Padukuhan Kwagon. [WARN!NG/Dadan Ramadhan]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.