close

One Billion Rising Ajak Rayakan Valentine dengan Revolusi

OBR-Indonesia-photo
one billion rising
one billion rising

Sebagai bentuk komitmen dan perjuangan melawan segala bentuk penindasan terhadap perempuan dan kelompok marjinal lain, One Billion Rising Indonesia kembali diadakan. Gerakan ini berbentuk acara menari masal bersama jutaan orang di lebih dari 200 negara pada tanggal 14 Februari 2016. Mengangkat tema My Body My Revolution, tahun ini adalah tahun ke-4 One Billion Rising diadakan. Tema ini adalah sebuah ajakan untuk bangkit merebut kembali otoritas tubuh perempuan yang selama ini telah mengalami penindasan oleh budaya patriarki yang mengakar.

Acara menari masal ini akan diadakan di Plaza Tugu Proklamasi, Jakarta pada pukul 19.00 – 22.00. Selain menari masal, acara ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan Deugalih dan teater monolog oleh Binar Mentari, Rebecca, dan Dinda Kanya Dewi. Selain di Jakarta, akan ada 10 kota lain di Indonesia yang melakukan kegiatan ini secara bersamaan pada 14 Februari mendatang. Sebelumnya, juga ada acara lain seperti diskusi bersama buruh perempuan bertajuk “Dialogue” yang diadakan 24 Januari lalu, juga Vscreen dan Vdialogue di Coffe War pada 31 Januari lalu.

Di tahun 2013, 217 negara terlibat dalam One Billion Rising yang diselenggarakan secara serempak pada tanggal 14 Febuari 2013. Tahun 2014 dan 2015, setidaknya 200 negara juga kembali bangkit untuk menuntut keadilan bagi perempuan. Walaupun kental dengan aktivisme perempuan, gerakan ini juga diikuti laki-laki dan bahkan transgender. Di Indonesia, selama tiga tahun ini OBR telah diikut berbagai elemen masyarakat baik mahasiswa, pelajar, pekerja seni, buruh, maupun aktivis. [WARN!NG/ Titah Asmaning]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response