close

OUT NOW! WARN!NG MAGZ #4 (September 2014)

poster coming soon

Berikut preview konten di WARN!NG Magz Edisi #4 (September 2014)

SOUND OF THE FIELD

out now warning

++ FREE WARN!NG #4 COMPILATION INSIDE!!

FRONTLINE

Football Will Never Walk Alone 

Apa persamaan antara sekerumun manusia menyepak bola kesana kemari dan sekerumun manusia merangkai bunyi dan melodi? Jika pertanyaan itu dilontarkan pada seorang Juan Esteban Aristizábal Vásquez – lebih dikenal dengan Juanes –, salah satu penyanyi latin paling sukses di dunia, maka jawabnya ialah: “Membutuhkan kaki untuk bermain bola dan membutuhkan kata untuk bermain musik, namun secara fundamental mereka menggerakan satu hal yang sama, yaitu passion”.

Lahir di Kolombia, Juanes tahu pasti seperti apa sepakbola dan musik menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian bangsanya. Namun salah besar jika mengira….

Gawang Mana Mereka Berlabuh

 

Noel Gallagher
Noel Gallagher

Jika seorang Wayne Rooney merelakan lengan kanannya untuk dibubuhi tato judul album ketiga Stereophonics, Gary Neville terpana menyaksikan konser reuni The Stone Roses, dan barisan pemain sepakbola lainnya menyanjung-nyanjung musisi idolanya, maka tak aneh jika hal sebaliknya pun terjadi. Sejumlah musisi mengaku fanatik terhadap klub sepakbola tertentu dengan alasannya masing-masing. Anda boleh saja protes karena klub Inggris begitu mendominasi daftar ini, namun faktanya Inggris memang….

 

Suara Tribun Lokal

Tak pernah diketahui sejarah penyebutan Indonesia sebagai negara sepakbola. Hanya ada satu alasan mengapa negara ini adalah negara sepakbola: dukungan masif massa yang berbondong-bondong membangun atmosfer dalam stadion. Sedangkan prestasi yang terasa utopis, karut-marut liga lokal, serta perangkat organisasi yang bermutu rendah, masuk daftar tertinggi alasan sepakbola negeri ini patut dilupakan.

Meski demikian, segelintir dari kita terus menabuh genderang supaya sepakbola tidak mati, termasuk diantaranya adalah para musisi. Sebut saja Netral yang pada tahun…

 

OléOléOlé This Is Football Song

Gemerlap hibrida sepakbola dan musik tak akan melepas sosok Ricky Martin dalam nomor “The Cup of Life” yang dianggap menjadi theme song Piala Dunia terbesar sepanjang masa. Selain memang menyuguhkan lagu pesta yang sangat catchy, mungkin juga lagu ini menjadi abadi dikarenakan Piala Dunia 1998 sukses menampilkan pertandingan-pertandingan yang memorable, atau buruknya theme song piala dunia setelah…

 

“Congratulation, You Have Just Met the Hooligan”

football factory 1

Jika Anda berencana menonton sepakbola di Inggris, Anda musti berhati-hati dengan segerombol orang yang memakai atribut kasual merk ternama, bernyanyi-nyanyi sepanjang jalan, dan kadang membawa pentung. Bisa jadi Anda akan kena bogem meski tak tahu apa alasannya–bahkan ketika Anda mendukung tim yang sama dengan mereka. Bagi yang pernah dalam kondisi ini, selamat, Anda telah bertemu dengan gerombolan hooligan! Bagi yang belum pernah dan ingin merasakan sensasinya, meski secuil, ada daftar panjang film yang bertemakan hooliganism yang bisa Anda tonton. WARN!NG merangkum film hooligan terbaik atas dasar perilaku, fesyen, musik, dan subkultur sosial yang ditampilkan masing-masing cerita. Siapkan diri karena Anda akan segera bertemu mereka!

 

FEEDBACK

Kali ini, kami menyuguhkan beberapa interviu bersama:

DISCHARGE

10622327_10152806745854180_69270336_n
Discharge

“Aneh saja melihat penonton yang semakin muda atau mungkin kita yang beranjak tua, tapi semua itu menjadi kesenangan baru bagi Discharge dan band lain seperti kami. Mereka semua adalah penggemar yang tahu lebih banyak mengenal kami daripada diri kami sendiri.”

“Akan ada album baru namun baru akan rilis tahun depan karena kami terlampau sibuk untuk rekaman saat ini. Materi telah siap, hanya saja perlu waktu lama untuk masuk ke studio.”

 

CUPUMANIK

Cupumanik 1
Cupumanik

“…dia menyumbang elemen musik yang kontemplatif, saat dia keluar kami hanya memainkan kekuatan riff-riff gitar yang tegas, dan meminimalisir kord-kord gitar yang rumit dan ganjil. Karena itu album Menggugat terasa lebih grungy.”

“Perubahan yang paling signifikan adalah saat ini orang mau menyatakan diri sebagai anak grunge. Dulu istilah grunge dinyatakan dengan ragu dan diam-diam. Ini ulah hero-hero grunge dunia yang malas dan keberatan menyatakan diri sebagai musisi grunge itu berimbas pada grunge Indonesia. Tapi semangat grunge hari ini berbeda, bahkan di sosial media kita ….”

 

CARNIVORED

carnivored (1)
carnivored

“Biasanya gitaris kami, Ario yang pertama kali membuat riff.Bahkan sebelas lagu di album No Truth Found langsung dibuat keseluruhan part gitarnya, direkam, dan dibagikan ke tiap personil untuk mendapatkan responnya, dan mulai diaransemen bersama pada saat latihan. Tiap personil datang dengan referensi dan taste musiknya masing-masing. Proses kreatif keseluruhan band dalam membuat lagu ya pada saat latihan dimana kesebelas lagu tersebut mengalami banyak perubahan dan improvisasi.Dalam hal artwork, ide awal selalu datang dari vokalis kami, Ronald. Pengerjaan artwork di album No Truth Found terbilang cukup kompleks, karena ada proses photo session, dimana keseluruhan wardrobe, properti, lokasi, peralatan yang dibutuhkan, kami semua yang mencari dan membuatnya sendiri. Dua ular yang ada di dalam…”

 

RISKY SUMMERBEE AND THE HONEYTHIEF

photo 3
Risky Summerbee & The Honeythief

“Place I Wanna Go itu kan lumayan acclaimed dan dibicarakan. Sampai kemudian Jakarta meng-approve. Kita sering main di Jakarta dan banyak komunitas yang menilai positif karena album itu. Tahun 2011 kami pengen menciptakan sesuatu yang baru dan diluar kebiasaan kami. The Place I Wanna Go sendiri identik dengan “Place I Wanna Go”, “Flight To Amsterdam”, “With You” yang komposisi panjang-panjang gitu. Kami ingin keluar dari itu.”

“Aku pikir nggak bisa general juga ya. Karena yang datang ke konser RSTH di Indonesia pun itu orang-orang yang sudah tahu, atau beberapa orang nggak tahu yang kemudian jadi tahu. Sama aja di beberapa negara yang sudah kami kunjungi kayak Malaysia, Singapura, dan Jepang juga. Bahkan…”

 

RIOT

MENJADI POLITIS DI TAHUN POLITIK

….ada pula yang semata bertujuan mengacak-acak perhatian kerumunan massa yang cupet berpikir. Rentetan analisa dan opini saling bertarung, dilontarkan oleh pakar sosial politik hingga anak ingusan. Hasil refleksi itu mengambil wujud dalam bentuk pemaparan berbumbu teori rumit, maupun guyonan menular yang bisa jadi bergaya satir mencerdaskan namun tak jarang pula kecut merisaukan. Belum lagi adu urat syaraf yang entah berangkat dari renungan kritis atau amarah bersumbu dangkal. Pun ketika prosesnya dibayangkan usai, ajakan berdamai atau pesan-pesan permusuhan tetap saja memarak.

Naga-naganya, baru kali ini dalam sejarah pilpres di Indonesia, perhelatan yang sejatinya adalah dansa-dansi kaum elit, turut dirayakan begitu gegap gempita oleh nyaris semua kalangan. Mereka yang sebelumnya….

 

SIDELINE

Menguliti Musikalisasi Puisi

…puisi sebaiknya tidak dipandang hanya sebagai obyek yang bisa seenaknya saja diperlakukan. Karena puisi yang sudah lahir sebagai sebuah karya punya otoritasnya sendiri. Musik yang diimbuhkan untuk menjadi musikalisasi hanya berperan sebagai media apresiasi dan tidak boleh menggeser makna sebuah puisi. Puisi harus tetap puisi. Proses musikalisasi puisi harus tetap menghormati puisi sebagai sebuah teks tersendiri.

Lalu tentang apakah puisi perlu dimusikalisasikan? Sebab sesungguhnya puisi telah memiliki unsur musikalitas sendiri melalui diksi, irama, rima, dan negasi. Dalam deklamasi puisipun, sudah ada dengung, vokal, artikulasi, ekspresi dan gestikulasi yang dibentuk sesuai dengan puisi tersebut. Pemilihan diksi dalam puisipun sering kali lebih padat dan penuh pertimbangan ketimbang penulisan lirik lagu biasa….

GIG REPORT

SUM49
Summer Sonic 2014

SUMMERSONIC 2014: Pesta Pora Tanpa Batas

…mereka membuka penampilan dengan “Do I Wanna Know?” dan “Snap Out of It” dari album AM. Sebelum melanjutkan aksi mereka, sang vokalis, Alex Turner menyapa keramaian di Marine Stage yang sudah diambang batas normal—tentu saja tak ada bendera Slank atau OI yang berkibar seperti hajatan festival outdoor di negara kita. Sedikit basa-basi kemudian sang vokalis mengajak para penonton untuk berjoget bersama di nomor “I Want It All”. Tak semua lagu pada malam itu diambil dari album terbaru mereka. Beberapa nomor juga diambil di album lawas seperti “Secret Door” dan “Cornerstone” dari Humbug. “Mardy Bum” dan “The View from the Afternoon” dari Whatever People Say I Am, That’s What I’m Not. Daya musikalitas Arctic Monkeys pada malam itu bisa dikatakan mengalami perubahan…

 

_MG_0349
Jazz Gunung 2014

Jazz Gunung 2014: Memahami Bumi Melalui Harmoni

…Salah satu penampil yang ditunggu-tunggu pun tiba, yakniThe Ring of Fire Project dari Djaduk Ferianto. Grup ini tergolong konsisten dalam memunculkan warna baru di ranah musik jazz. Sejak 2012, mereka menjunjung tinggi perpaduan etnik dengan jazz. Hasilnya? Luar biasa. Nada-nada pentatonis dan diatonis melebur bersama irama khas jazz yang penuh improvisasi. Sebagian besar karya mereka merupakan instrumental. Malam itu Ring of Fire Project tampil berkolaborasi dengan musisi asal Jerman Nicole Johanntgen yang memainkan saxophone. Menyuguhkan nomor-nomor gres seperti…

 

MOVIE REVIEW

Cahaya Dari Timur: Beta Maluku (Angga Dwimas Sasongko), Guardian Of The Galaxy (James Gunn)

 

ROLL

Tumpal Tampubolon

“Saya tidak terlalu menghiraukan dikotomi komersil/festival saat saya menulis. Menurut saya dikotomi tersebut hanyalah perbedaan cara sebuah film bertemu dengan penontonnya, tidak ada hubungannya dengan proses kreatif saya sebagai penulis skenario…”

 

ALBUM REVIEW

Cupumanik – Menggugat, Matajiwa – Part 1, Linkin Park – The Hunting Party, Maliq n D’essentials – Musik Pop, OK Karaoke – Sinusoid, Manic Street Preacher – Futurology, Coldplay – Ghost Stories, Arch Enemy – War Eternal, Dialog Dini Hari – Tentang Rumahku, Mastodon – Once More Time Round The Sun, Trash Talk – No Peace, Vague – Footsteps, Misery Index – The Killing Gods, Lana Del Rey – Ultraviolence, Risky Summerbee & The Honeythief – Pillow Talk

 

SETLIST

Andre Tiranda (Siksa Kubur)

 

COMMUNITY

ketjilbergerak

…menaruh konsentrasi pada proyek musik. Sesuai karakter mereka, lagu-lagu yang mereka hasilkan pun sarat akan makna, pesan, dan pemicu api bagi anak muda. Lagu pertama, yang berkolaborasi dengan Belkastrelka, berjudul “Merdeka Jangan Jadi Lebam”. Yang kedua, mereka menjalin kolaborasi dengan Erwe dalam lagu “Energi Mudamu Senjatamu”. Dan yang terkini, “Berbeda Itu Biasa” telah mereka garap bersama Freddy Armada Racun. Dari judul saja, sudah nampak kekuatannya….

 

DUEL

Hantu? : Wednes Mandra vs Risa Sarasvati

Bagi Anda yang fobia terhadap makhluk yang satu ini, sekiranya bisa menahan dulu rasa takut itu. Risa Sarasvati dan Wednes Mandra (vokalis-gitaris Rabu) telah lama mengakrabi dunia kehantuan dan menceritakan sisi unik dari makhluk gaib itu. Keduanya bahkan menjadikan ‘pertemanan’ itu sebagai komposisi musiknya masing-masing. Risa dengan Sarasvati dan Wednes yang terus menggelap bersama Rabu. Mari menertawakan kekonyolan mereka sebelum lari pontang-panting karena ketakutan lagi!

 

UPCOMING

menampilkan profil Merah Bercerita dan Sisir Tanah

 

WARNING LADY

C24Z8514

Cinta Ramlan

Mungkin Cinta memang pemain baru dalam industri musik tanah air, tapi jangan ditanya tentang keseriusannya. Sembilan lagu dalam album DISKO akan menjadi pembuktiannya. Mengusung musik elektronik, album solo perdananya ini niscaya sanggup membuat kita semua bergoyang.

Mengusung nama Ramlan, mungkin banyak yang berpikir bila Cinta akan memanfaatkan nama besar kakaknya, Olla Ramlan, yang sudah lebih dahulu malang melintang di dunia showbiz. Pun begitu, memang Cinta tak bisa mengesampingkan begitu saja kepopuleran Olla.

 

LEGACY

pink-floyd-dark-side-of-the-moon-lyrics1
Pink Floyd

Mendengarkan Pink Floyd Kembali

buat saya Pink Floyd memang tetap patut dirayakan. Bukan untuk menyambut album Endless River bulan depan. Bukan untuk bersetuju dengan David Fricke yang pernah menyebut mereka sebagai band terbaik sepanjang masa. Bukan pula untuk bilang bahwa musik Floyd yang canggih itu adalah bentuk artistik musik yang sebenarnya. Tapi karena Floyd punya pesan dalam perjalanan karir dan album-album konsepnya, dan nyatanya pesan itu—setidaknya buat saya—memang relevan dengan kehidupan…

 

ROCKTRIP

Singapore Rock Trip

Singapura adalah salah satu negara dengan luas teritori yang tak lebih dari Jakarta atau Yogyakarta, apalagi Indonesia. Kendati begitu, siapa sangka bahwa negara yang dikenal juga dengan sebutan Kota Singa ini memiliki banyak potensi di industri musiknya, termasuk jumlah band keren yang berjumlah lebih dari 100!

Hal ini dibuktikan dengan adanya festival musik yang bertajuk 100 Bands Fest yang diselenggarakan selama tiga minggu di tiap akhir pekan pada bulan Juni 2014 silam. Meskipun pada festival tersebut para penampi…

 

RHYME

BLUR – THE UNIVERSAL

..adalah tentang distopia dan kehancuran masa depan, yang juga terujuk dari dua karya film agung yang diasosiasikan pada lagu ini, yakni art cover single yang terujuk dari prolog klasik film perjuangan science fiction melawan evolusi manusia terhadap spesies asing, 2001: Space Odyssey, serta video klipnya yang secara gamblang mengadaptasi adegan A Clockwork Orange,..
Selengkapnya bisa dibaca di Majalah WARN!NG edisi September 2014,

Order majalah ini bisa menghubungi 085643585771 atau dapatkan di Dropspot terdekat.

 

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response