close

Penyair Saut Situmorang Divonis Hukuman Percobaan 5 Bulan Penjara

Saut Situmorang

Saut Situmorang

 

Sastrawan Saut Situmorang divonis hukuman percobaan lima bulan penjara. Vonis ini dibacakan hakim pengadilan negeri Jakarta Timur, Kamis (8/9), yang menyidangkan Saut atas kasus pencemaran nama baik lewat Facebook. Sebelumnya, sidang pembacaan putusan dan vonis ini ditunda dari Kamis (25/8) lalu. Dilansir dari Detik.com, meski dijatuhi hukuman 5 bulan, namun dirinya tidak akan dipenjara. Hakim memberikan waktu selama lima bulan kepada Saut agar tidak mengulangi perbuatannya lagi. Dalam kurun waktu tersebut jika kedapatan melakukan perbuatan serupa baru akan dihukum badan.

Seperti diketahui, kasus bermula dari perdebatan di Facebook tentang buku “33 Tokoh Sastra Indonesia Paling Berpengaruh” yang disusun Jamal D. Rahman, dkk. Dalam buku tersebut tercantum nama Denny JA, pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI), yang lebih dikenal sebagai konsultan politik daripada tokoh sastra. Saut yang masuk dalam jajaran pemrotes, memaki Fatin Hamama—salah satu orang yang terlibat dalam penerbitan buku tersebut, di akun Facebook­-nya. Fatin lantas melaporkan Saut ke Polres Jakarta Timur atas tuduhan pencemaran nama baik April 2014 lalu.

Dalam beberapa kesempatan pula, banyak pegiat sastra di beberapa daerah yang memberikan dukungannya pada Saut. Salah satunya Dwi Cipta, pelopor Gerakan Literasi Indonesia (GLI), yang mengungkapkan kekecewaan terhadap kasus yang menimpa Saut ini. “Polemik sastra kini tak lagi menarik bila berhadapan dengan para petualang sastra bermental comberan seperti itu (red: kriminalisasi yang menimpa Saut). Orang-orang ini sekarang merasa bisa menang dengan bantuan polisi dan pengadilan,” ujar Dwi dalam petikan tulisan di akun Facebook-nya. [WARN!NG/ Yesa Utomo]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response