close

Perayaan Kembalinya Oreté ke Wonderland

AATPSC (6)

Menghilang selama dua tahun, rombongan orkes sirkus asal Jogjakarta akhirnya berkumpul lagi. Reuni dan mengajak carnivalse kembali ke tanah impian mereka, wonderland.

Aurette And The Polska Seeking Carnival
Aurette And The Polska Seeking Carnival

Dua tahun berlalu sejak keriaan wonderland padam bersama pengumuman bubarnya Aurette and The Polska Seeking Carnival (AATPSC/ Oreté). Butuh lebih dari sekedar penyesalan atas keputusan terburu-buru mereka untuk akhirnya membawa mereka kembali ke panggung. Back to Wonderland, adalah perayaan bergabungnya kembali orkes sirkus dari selatan Jogjakarta ini. Dilangsungkan di ruang terbuka halaman cafe Matchamu, Oreté melunasi kerinduan carnivalse kembali ke tanah impian tersebut.

Tidak ada yang lebih baik untuk mendeskripsikan situasi malam itu (11/12) selain larik pertama yang dinyanyikan Sisir Tanah di panggung Back to Wonderland, yang wajib dari hujan adalah basah/ yang wajib dari basah adalah tanah/”. Ya, hujan yang mengguyur sejak siang belum juga reda ketika seharusnya konser dimulai pukul 18.00 WIB. Alhasil, konser mundur satu setengah jam, itupun sudah dengan usaha pendirian tenda darurat di area panggung. Tapi wonderland tetaplah wonderland dimana keriaan harus tetap dilangsungkan, demi puluhan carnivalse yang sudah memadati venue. Mengenakan kaus polos merah, Sisir Tanah membuka konser reuni itu dengan dua lagu, “Lagu Wajib” dan “Lagu Damai” yang merupakan salah satu lagu barunya tahun ini.

Setelah Sisir Tanah menutup penampilan singkatnya, rombongan Oreté pun naik panggung. Irama genit akordeon dari intro “Seeking Carnival” langsung menyuara. Saya merasakan sejumput rindu yang mewujud antusiasme hangat dari penonton yang langsung maju beberapa langkah mendekati panggung dan ikut sing along tanpa komando. “Abimanyu” kemudian dinyanyikan sebelum akhirnya Teadatu menyapa carnivalse, “Halo, maaf ya kalian harus jadi penonton waterproof,” ujarnya.

Aurette And The Polska Seeking Carnival
Aurette And The Polska Seeking Carnival
Aurette And The Polska Seeking Carnival
Aurette And The Polska Seeking Carnival

Malam itu, tidak hanya lagu-lagu dari EP Selftitled yang mereka bawakan. Setelah menyanyikan “Letter To You” dan “I Love You More Than Pizza”, grub musik asal ISI Jogja ini memperkenalkan “On The Shore”, “Tamasya”, “Vespaphoria”. Tiga lagu yang semoga ada di album kedua mereka nanti. “Vespaphoria” yang berbumbu irama reggae berhasil memaksa penonton untuk bergoyang-goyang di tempat. Tidak hanya vokal renyah Teadatu dengan mawar merah yang diselipkan di telinga, malam itu penampilan atraktif dari Aurelia Marshall yang lincah berganti-ganti instrumen di beberapa lagu juga sangat menyenangkan untuk dinikmati.

Aurette And The Polska Seeking Carnival x Sisir Tanah
Aurette And The Polska Seeking Carnival x Sisir Tanah

Kejutan lain diberikan saat Oreté mengundang Sisir Tanah untuk berkolaborasi menyanyikan “Desember” milik Efek Rumah Kaca. Tensi pertunjukan semakin naik saat “Someday Sometimes” menyuara dengan sing along kompak dari penonton. Satu lagu baru dari Beirut berjudul “Perth” juga mereka bawakan sebelum menutup kehangatan malam itu dengan “Wonderland”. Saat larik terakhir habis dinyanyikan, penonton langsung menagih encore. “Nantes” ditampilkan dengan gimmick improvisasi panjang yang menyenangkan. Resep Oreté yang selalu memikat, racikan tiupan terompet, gebukan perkusif, genjrengan ukulele dan irama akordeon. Akhirnya sampai sudah kita kembali ke wonderland.

Malam itu sebenarnya tata artistik venue cukup maksimal. Berbagai pernak-pernik khas sirkus dan potongan kertas segitiga warna-warni sudah sangat semarak. Sebuah gerbang bertuliskan “Welcome to Wonderland!” pun dipasang dengan apik. “Sayang sekali hujan ya, padahal artistiknya oke. Cukup puas nonton Back to Wonderland, tapi rasanya kurang lama,” komentar Arini, salah satu penonton malam itu. [WARN!NG/Titah Asmaning]

Event by: Amat Production x Roemansa Gilda

Date: 11 Desember 2015

Venue: Matchamu Cafe, Jogjakarta

Man of The Match: Renyahnya irama “Vespaphoria” dan “Someday Sometimes” yang bisa memaksa penonton bergoyang di tempat

WARN!NG level: [yasr_overall_rating size=”small”]

Galeri foto Back To Wonderland

 

Tags : AATPSC
warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response