close

Peringati Bulan Zine International, Surabaya Punya Sub Zine Fest 2017

Sub Zine Fest 2017 Poster

Digelar untuk memperingati bulan zine internasional yang jatuh pada bulan Juli setiap tahun, sebuah acara zine diadakan dengan tajuk Sub Zine Fest 2017. Acara ini akan diadakan pada 26 Juli 2017 di Skale Space, Jl. Sonokembang no. 2, Surabaya. Acara ini adalah gelaran festival zine kedua yang pernah diadakan di Surabaya. Digagas oleh para pecinta zine dan spirit Do-It-Yourself (DIY) di area Surabaya, acara ini diharapkan bisa mendistribusikan kembali spirit media independen yang ada lewat zine tersebut. Surabaya adalah salah satu kota yang ramai dengan produksii zine di tahun 90’an. Beberapa arsip zine lawas tersebut masih bisa diakses di C2O Library.

Acara yang akan diadakan sejak sore ini berisi beberapa agenda yang semarak. Selain sharing session, ada juga sesi presentasi, pameran, dan lapak dagangan. Untuk sharing session dan presentasi akan diisi oleh kawan-kawan pegiat zine dari Yogyakarta yang baru saja melakukan riset tentang linimasa zine sejak tahun 90’an bernama Zaman. Selain itu juga akan diadakan lokakarya bertajuk prison wine yang akan memberikan edukasi tentang bagaimana membuat fermentasi dengan menggunakan bahan-bahan di sekitar kita.

Setiap bulan Juli, berbagai pegiat zine di banyak kota selalu memperingati bulan zine internasional ini dengan berbagai cara. Festival-festival zine seperti Sub Zine Fest 2017 ini diadakan juga sebagai ajang silaturahmi agar para pegiat bisa berjejaring dan membuka banyak kemungkinan. Budaya zine sebagai media alternatif dari tahun ke tahun tetap mendapat tempat dalam budaya alternatif anak muda di berbagai kota, termasuk Surabaya. [WARN!NG/Titah AW]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response