close

Perpustakaan Zine Bandung Segera Berdiri

IMG-20140524-WA0006
© bandungzinefest.blogspot.com
© bandungzinefest.blogspot.com
© bandungzinefest.blogspot.com
© bandungzinefest.blogspot.com

Tidak seperti dua tahun sebelumnya, dimana komunitas Network Of Friends Bandung mempertemukan para pembuat, distributor, dan penikmat zine dalam sebuah pergelaran bernama Bandung Zine Festival, pada tahun ini mereka memilih mengadakan proyek kolektif yang berbeda – meski masih terporos pada zine – yakni membangun Perpustakaan Zine di kota Bandung.

Menurut pernyataan yang tertulis dalam rilis resmi mereka, Perpustakaan Zine Bandung merupakan sebuah ruang alternatif yang dikelola secara mandiri untuk distribusi informasi berupa media alternatif  atau fanzine dari kawan-kawan Network Of Friends Bandung.

Wujud nyata dari konsep proyek yang mereka akui masih dalam satu rangkaian utuh dari Bandung Zine Fest itu sendiri ialah sebuah perpustakaan yang akan menyediakan banyak media cetak alternatif seperti zine khususnya, bersama newsletter, pamflet, booklet, katalog, flyer, dan lain sebagainya.

Tujuannya pun tak jauh dari upaya mempermudah siapapun untuk bisa mengakses zine, literatur alternatif lainnya, dan informasi yang terkait dengan keduanya, sekaligus sebagai upaya pengarsipan dan pendokumentasian media alternatif  yang telah terbit dan beredar di Indonesia sejauh ini.

Sebagai proyek mandiri, mereka memilih membuat beberapa benefit project guna mengatasi pendanaan. Salah satunya dengan membuat sebuah album kompilasi bertajuk Pustaka Nada Masa Kini yang memuat karya musik 20 band dari berbagai kota. Hasil penjualan album kompilasi ini sepenuhnya akan dialokasikan untuk pembiayaan awal fasilitas operasional, seperti ruang, penyimpanan, pemeliharaan, dan distribusi.

 

 

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response