close

Pesta Penyambutan Killed On Juarez Untuk Gemini

Photo Killed on Juarez

 

Setelah dirilis pada 8 Januari lalu, Gemini milik Killed on Juarez dirayakan dalam sebuah pesta rilis. Acara tersebut diadakan pada Sabtu, 11 Maret 2017 bertempat di Earth Vegan Cafe, Selokan Mataram Yogyakarta. Album terbaru Killed on Juarez ini dirilis oleh dua label rekaman sekaligus, yaitu Samstrong Records untuk format CD, sedangkan Jesuiscidal Records merilisnya dalam format kaset.

Saat ini Killed on Juarez diperkuat oleh Fransisca Ayu (vokal), Ferry Fajar Kurniawan (drum) dan tiga gitaris dengan rincian: Sopoyono bermain gitar 4th strings, sementara Setiawan Putra dan Dhimas Satriatmoko sama-sama bermain 6th strings. Formasi yang seperti ini sejak awal telah membuat Killed on Juarez lebih menonjol di kalangan band hardcore/metal Yogyakarta yang lain. Di album Gemini, karakter musik mereka semakin kelihatan meyakinkan.

Perayaan Gemini dimulai sejak pukul 5 sore sampai 10 malam. Dalam acara rilis tersebut, Killed on Juarez mengajak serta beberapa kawan mereka, yaitu Set Your Ground, Treatment, Breakinside, Throughout, Reason To Die, Devoured, A Sistem Rijek?!, Hands Upon Salvation dan ditutup dengan aksi pamungkas oleh keliaran mereka sendiri. Barisan penampil tersebut cukup menjadi jaminan bahwa Gemini telah dirayakan dalam sebuah pesta liar, intim, dan menggembirakan.

Dalam acara rilis tersebut, 10 lagu yang ada di Gemini mereka bawakan dengan maksimal. Aditya dari Samstrong Records menyatakan optimismenya terhadap album dan acara ini, ”Gemini adalah karya yang signifikan dari Killed on Juarez, untuk itu karya ini harus dirayakan dalam acara yang asik!”. Samstrong Records adalah label terkemuka yang memfokuskan diri pada rilisan hardcore dan telah menaungi Killed on Juarez sejak awal.

Nama Killed on Juarez sendiri diilhami dari tragedi Ciudad Juarez di Meksiko pada awal 90-an lalu. Saat itu di Juarez terjadi femicide. Lebih dari 370 wanita dibunuh secara brutal dan amoral. Bahkan 1/3 dari mereka telah diserang secara seksual dan diperkosa sebelum dihabisi nyawanya. Kengerian ini mengilhami penciptaan musik Killed on Juarez.

Sebelum formasi yang sekarang, Killed on Juarez bahkan sempat berformat female front-band. Band-band seperti Iron Maiden, Obituary, Slayer, Darkest Hour dan Unearth juga memberikan banyak pengaruh ke musikalias mereka. Hingga saat ini, Killed on Juarez masih menciptakan lagu dengan isu seputar semangat hidup, kesetaraan, kemanusiaan, masalah sosial dan keputusasaan yang tak terelakkan. Formasi mereka sekarang ini juga diakui merupakan titik yang pas, yaitu harmonized guitar riffs, harmony-oriented bass riffs, rapid kick and throaty screaming. [WARN!NG/Muhammad Faisal]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response