close

Pesta Punk Dipenghujung Tahun

Crutches
Flyer

Memasuki minggu-minggu terakhir tahun 2013 ini, Jogja dibanjiri dengan banyak gigs! Pada tanggal 20 Desember 2013 ini, Jogja kedapatan menjadi tuan rumah bagi beberapa band yang sedang tur. Bukan hanya satu atau dua band, tetapi 5 band sekaligus! Dua band domestik dan tiga band internasional! Tersanjung13 (Jakarta), Busuk (Jakarta), Apparatus (Malaysia), Endorphins Lost (Seattle), dan Crutches (Swedia) memilih Jogja menjadi salah satu tempat pemberhentian mereka. Tur mereka ini dalam rangka mempromosikan rilisan split terbaru Tersanjung13 bersama Endorphins Lost yang dirilis dalam format vinyl. Crutches serta Apparatus juga membawa rilisan CD dan kaset mereka.

Pesta punk ini dibuka oleh penampilan Total Visi. Band crust punk potensial yang baru saja terbentuk beberapa bulan silam ini pun menunjukkan aksi panggung mereka. Melihat adanya beberapa tamu dari luar negeri pun membuat mereka tidak ingin melewatkan kesempatan emas untuk membagikan cd demo mereka kepada para ‘bule’ tersebut. Kelar penampilan mereka, giliran Wicked Suffer mengambil alih stage. Band hardcore/powerviolence yang satu ini memang selalu istimewa dalam perform mereka. Atmosfer gelap selalu menyelimuti performa mereka dan kali ini pun tentu saja, terjadi juga. Wicked Suffer banyak membawakan lagu-lagu mereka yang termuat dalam rilisan 7’ terakhir mereka, Nihilist. Namun, penampilan Rudy kali ini terlihat tidak “seliar” biasanya walaupun itu tidak mengurangi kualitas performa mereka. Malam semakin pekat dan larut, acara semakin jahat dan berbahaya. Dilanjutkan oleh Realino Resort dengan thrash punk ala mereka, A Sistem Rijek!? dan thrash metal “terjahat” di Jogja, Headkrusher, crowd pun semakin gila di dalam. Peluh keringat yang bercucuran semakin menambah aroma ritual pesta penutup tahun ini.

Berakhirnya performa supporting act dari tuan rumah, para tamu dari luar kota pun dipersilahkan untuk mempersiapkan perform mereka. Dibuka dengan penampilan Endorphins Lost yang berada di ranah crust/powerviolence/d-beat mulai membisingkan studio Impact. Perlu diketahui juga bahwa pemain drum Endorphins Lost ini juga bermain drum pada salah satu ‘mbahnya’ powerviolence, Capitalist Casualties. Dilanjut dengan politikal crust/d-beat dari Swedia yang berdandan ala anarko punk seperti The Casualties, U.S. Bombs, dengan jaket kulit penuh stud, Crutches. Suasana di dalam semakin bertambah pecah kelarnya perform mereka, yaitu Apparatus yang juga bermain di ranah yang sama. Sebelum mencapai puncak acara, Busuk dengan grindcore mereka juga membisingkan penonton yang ada di dalam studio Impact. Selesainya penampilan Busuk, salah satu band grindcore yang disegani karyanya dan juga berasal dari Jakarta, Tersanjung13, mulai menerjang pesta ini. Beberapa nomor seperti Polusi Sebuah Warisan, Konversi Membawa Bencana pun dibawakan. Namun sayang, karena sudah memasuki angka jam 12, pemilik studio meminta acara diselesaikan seketika itu juga, walaupun tidak digubris oleh penonton. Tersanjung13 pun sepertinya mengerti akan kondisi tersebut dan mereka menutup pesta ini dengan teriakan “AIDS bukan untuk ditakuti! AIDS bukan untuk dihindari!”. Yak! Nomor AIDS Bukan Untuk Ditakuti menjadi puncak pesta punk yang diikuti juga dengan shout-along penonton di chorus lagu tersebut.

Pesta yang diadakan dalam format studio gigs di venue favorit teman-teman jogja, Impact Studio, ini pun berakhir sukses sekali. Banyaknya crowd yang membludak di acara yang “hanya” berformatkan studio gigs ini menjadi indikator suksesnya acara ini. Hal ini membuktikan bahwasanya venue alternatif seperti studio pun tetap tidak bisa menghalangi antusias para penggemar musik “berontak” di Yogya. Produktifitas para pembuat gigs pun tetap bisa dipertahankan dengan adanya venue alternatif seperti ini yang harga sewa tempatnya terjangkau. [ Contributor/I.M. Dharma]

 

Endorphins Lost © Wasfuk
Endorphins Lost © Wasfuk
Crutches
Crutches
Wicked Suffer  © Wasfuk
Wicked Suffer © Wasfuk
Total Visi © Wasfuk
Total Visi © Wasfuk
Crowds  © Wasfuk
Crowds © Wasfuk
Headkrusher  © Wasfuk
Headkrusher © Wasfuk

 

Event by : (TheyWhoDon’tWantToBeMentioned)

Venue : Impact Studio

Date : 20 December 2013

Man of the match : Overcrowded venue! Which is very gooooood!

Warning Level : ••••

Tags : Punktersanjung 13wicked suffer
warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response