close

Primata Luncurkan Single Kedua Dalam Konsep Istimewa

primata-personil

Semenjak memperkenalkan mini album Avani pada penyelenggaraan Record Store Day pada bulan April 2016 lalu. Primata, unit instrumental rock asal Jakarta yang digawangi oleh Adhitomo Kusumo (bass), Rama Wirawan (gitar), dan Sofyan Refliyandi (drum) kali ini merilis single keduanya dengan konsep yang berbeda. Single kedua bertitel “Khaga”, dirilis dalam bentuk mini cakram padat dan dijual hanya dalam jumlah terbatas.

“Khaga yang dalam bahasa Sanskrit dapat diartikan sebagai angin atau burung,” tutur Rama Wirawan. “Dalam Avani, jika track pertama “Jenggala” memiliki arti hutan dan track kedua “Ancala” memiliki arti gunung, pada track ketiga ini kami mencoba memusikalisasi sesuatu yang berada di atas kedua hal tersebut”. Untuk urusan artwork sampul, Primata masih masih mengandalkan Dannus Darmawan, illustrator asal Bandung yang juga telah menggarap artwork untuk sampul Avani. “dan seperti biasa, Dannus memberikan sentuhan ilustrasi yang rupawan untuk musik berdurasi enam menit lebih tiga puluh delapan detik tersebut,” tambah Rama Wirawan.

Dalam mini cakram padat single “Khaga” juga telah disiapkan sebuah kejutan, yaitu terdapat B-side yang berwujud sebuah nomor cover version “Melankolia” milik Efek Rumah Kaca. Karya ini tentu merupakan buah hasil kerja sama antara Primata dengan Efek Rumah Kaca, sehingga mendapat izin dari band dan pihak manajemen dalam meninterpretasikan ulang nomor milik band kenamaan tersebut. “Tadinya nomor ini mau kami ikutkan di Tribute to Efek Rumah Kaca yang digarap oleh Ripstore.Asia pada bulan puasa lalu. Tapi karena kami terlambat mengirimkannya, akhirnya kami rilis sendiri,” terang Andrew Mahardika, manajer Primata.

artwork khaga
artwork khaga

Menurut rilis resmi yang diterima WARN!NG, masa pre-order yang telah berlangsung sekitar satu bulan, telah ditutup sejak 14 November 2016 lalu. Selanjutnya, untuk pemesanan atau pembelian mini cakram pada “Khaga” ini tidak lagi melalui label rekaman yang merilis Avani yakni Guts Records, melainkan langsung ke email menajemen Primata, primatarock@gmail.com. [WARN!NG/Dadan Ramadhan]

 

 

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response