close

Printemps Francais Datangkan Gabriel Bianco

bianco
Gabriel Bianco © Warningmagz
Gabriel Bianco © Warningmagz

Rabu (28/05), petikan gitar klasik Gabriel Bianco turut memeriahkan rangkaian acara Printemps Francais 2014. Menempati auditorium IFI-LIP, penampilan gitaris muda berbakat asal Prancis ini berhasil membuat venue cukup penuh.

Tampil solo dalam konsep panggung sederhana, 6 repertoar gitar klasik yang rumit dibawakan Gabriel Bianco dengan apik. Enam repertoar milik komposer-komposer terkenal ini dibawakan dalam dua sesi. Repertoar yang dibawakan di sesi pertama antara lain adalah Fantaise – De Mon Triste – La Compagna milk F. Da Milano, Fantaisie Dramatique dari N. Coste, Julia Florida – Choro da Saudade milik Barrios dan Grande Sonate pour Guitare milik Paggani.

Menurut Gabriel, setlistnya malam itu disusun berdasarkan garis historis komposernya. Di sela-sela penampilannya, Gabriel bercerita tentang kehidupan komposer atau repertoar yang akan dimainkan. Seperti cerita tentang Napoleon Coste yang mengalami kecelakaan di tangan hingga tidak bisa bermain gitar lagi atau repertoar Choro da Sausade yang menyuarakan nada folk-romantis.

Sesi kedua dilanjutkan dengan repertoar Sonate BWV998 dari J.S Bach, Variations sur un theme Catalan dari J. Duarte dan Sonate pour Guitare dari J. Turina. Penonton yang selama pertunjukkan hening lalu bertepuk tangan meriah, Gabriel lalu menambahkan satu repertoar lagi sebelum benar-benar mundur dari panggung.

Gitaris muda yang sudah melakukan tur keliling Amerika, Meksiko, Kanada, China, Kolumbia dan Brazil ini adalah jebolan Conservatorium de Paris. Selain itu, Gabriel Bianco juga beberapa kali memenangkan kompetisi gitar klasik tingkat dunia. Sekarang ini, selain bermain solo, Gabriel juga bergabung di grup Quatuor Eclisses. Di rangkaian Printems Francais 2014 sendiri, Gabriel tampil di 6 kota di Indonesia. [Warn!ng/Titah Asmaning]

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response