close

Radio Of Rock Tour: Sajian Langka Berkelas

SONY DSC
Crowd  © Warningmagz
Crowd © Warningmagz

Jogjakarta mendapat kehormatan dapat melakukan nostalgia bersama nama-nama besar di wahana musik independen dalam satu malam dan satu panggung

Radio Of Rock merupakan sebuah rangkaian tur yang diprakarsai oleh RuRu Radio,sebuah radio kontemporer tanpa gelombang yang bermarkas di Jakarta. Ajang yang awalnya diselenggarakan di ibu kota tersebut, kali ini diangkut untuk digelar di dua kota, yaitu Semarang dan Yogyakarta. Dengan menggandeng nama-nama besar seperti Efek Rumah Kaca, White Shoes & The Couples Company dan The Upstairs, rasanya Radio Of Rock Tour tak perlu berlebihan melakukan promosi untuk menciptakan kerumunan.

Radio of Rock menjelma menjadi ajang reuni dan nostalgia para dedengkot musik independen tanah air bersama para penggemarnya. Sekitar 300 tiket yang dijual di area sebelum pertunjukan berlangsung tampaknya dapat disiasati dengan baik oleh para pengunjung. Hal itu terlihat dari padatnya pintu masuk Langgeng Art Foundation sejak sore hari, meski pada awalnya sebagian besar harus gigit jari karena tak kebagian tiket yang dibandrol seharga 50 ribu.

White Shoes and The Couples Company © Warningmagz
White Shoes and The Couples Company © Warningmagz

Tepat pukul setengah 8 malam, para penonton mulai diperbolehkan masuk dan langsung disuguhkan penampilan manis oleh White Shoes & The Couples Company yang tampil prima dengan membawakan total lima lagu, antara lain “Windu Defrina”, “Vakansi” dan “Lembe-Lembe”. Koreografi tarian tangan yang diperagakan oleh Nona Sari seakan membius penonton saat menyaksikan penampilan band yang telah terbentuk sejak tahun 2002 tersebut.

Goodnight Electric  © Warningmagz
Goodnight Electric © Warningmagz

Penampil berikutnya merupakan salah satu grup yang sudah cukup jarang terdengar pergerakannya, yaitu Goodnight Electric. Masih dengan formasi Henry, Bondi dan Oomleo, Goodnight Electric yang spesial hanya tampil saat Radio Of Rock Tour Jogja bisa menjadi penampil yang sangat ditunggu malam itu. Walau tampil kurang atraktif dengan penonton, Goodnight Electric sukses membawakan nomor-nomor lawas seperti “A.S.T.U.R.O.B.O.T” dan “We’re Going To The Star”.

Sangkakala © Warningmagz
Sangkakala © Warningmagz

Kini giliran tuan rumah melanjutkan ramainya acara. Sangkakala menunjukan heavy metal liar nan berkualitas kepada publik Radio Of Rock dengan memperagakan permainan optimal tak kenal lelah. Sejak nomor pertama, Sangkakala berhasil menggerakan kerumanan yang silih berganti ikut bernyanyi seraya menghentak dari atas panggung untuk body surfing, mulai dari nomor “Sangkakala”, “Hotel Berhala” yang dibawakan bersama Wok The Roc,k hingga “Tong Setan” yang dikumandangkan sebagai penutup agresi gempuran mereka.

The Upstairs x Farid FSTVLST © Warningmagz
The Upstairs x Farid FSTVLST © Warningmagz

Acara disusul munculnya The Upstairs yang memicu sorakan meriah penonton. Dibuka oleh “Gadis Gangster” dari album Energy, nomor “Mosque Of Love” The Upstairs secara mengejutkan menggandeng Farid Stevy Asta dari FSTVLST untuk ambil bagian vokal bersama Jimi Multazham. Encore “Disko Darurat” dipilih menjadi nomor pamungkas demi menebus kerinduan publik Radio Of Rock untuk berdansa Resah.

Efek Rumah Kaca © Warningmagz
Efek Rumah Kaca © Warningmagz

Tepat pukul sepuluh malam, Efek Rumah Kaca yang didaulat menjadi penutup pesta malam itu tampaknya paham apa yang diinginkan oleh publik Radio Of Rock Tour Jogja. Meski telah memainkan lima lagu seperti penampil-penampil sebelumnya, Cholil dan kolega sepakat menuruti sorak penonton yang terus meminta mereka bermain kembali. “Di Udara”, “Balerina”, “Mosi TIdak Percaya” hingga “Desember” tampaknya menjadi encore yang terlampau baik dari Efek Rumah Kaca untuk Jogjakarta kali ini. Sajian berkelas dalam Radio Of Rock Tour yang dipersembahkan oleh RuRu Radio bisa jadi melebihi ekspektasi para penonton yang mendapatkan kesempatan langka nan berkelas dari penampilan para dedengkot musik independen tanah air dalam satu kesempatan!

[WARN!NG/Dadan Ramadhan]

Galeri acara ini bisa dilihat di sini

Event By : RuRu Radio

Date : 3 September 2015

Venue : Langgeng Art Foundation

Man Of The Match : Riuhnya kerumunan terlihat dari body surfing yang tak henti-henti hingga penuhnya panggung oleh penonton bersama Baron saat Sangkakala memainkan nomor “K.A.N.S.A.S”

WARN!NG Level : !!!!

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response