close

Rayakan Musim Semi di Printemps Francais 2015

CEec1IrWAAAH_lp
printemps
printemps

Diadakan dalam rangka menyambut musim semi di Perancis, Institut Francais Indonesia (IFI) menggelar Printemps Francais 2015. Gelaran yang diadakan tiap tahun ini sudah mencapai umurnya yang ke-11. Tahun ini, Printemps Francais diadakan di 11 kota di Indonesia. Berbagai bentuk kesenian dan budaya akan dihadirkan. Di Jogja sendiri, rangkaian acara Printemps Francais berlangsung dari tanggal 15 Mei – 10 Juni.

Akan ada tujuh agenda acara yang digelar di Jogjakarta. Rangkaiannya dibuka dengan petunjukan teater musikal berjudul “Peristiwa Teater: Hanya Kematian Yang Setia Menungggu” pada 15 Mei di Auditorium IFI. Disutradai oleh Agung Kurniawan, pertunjukan ini juga akan melibatkan Gunawan Maryanto dan Frau.

Untuk pertunjukan musik kontemporer, IFI mendatangkan FANCY, grub heavy-pop asal Prancis yang tengah naik daun. Selain FANCY, akan ada juga kolaborasi Grank Kino dengan Sarasvati. Bersama Sarasvati, band indie-rock asal Prancis ini akan mengeksplorasi sebuah teks kuno asal Sunda berjudul Bujangga Manik. Pertunjukan yang akan menguarkan hawa mistis ini akan diadakan di Jogja Nasional Museum dengan konsep menarik.

Sedang di musik klasik, ada Ensemble Doulce Memoire dan Ensemble Trelen. Dua grub musik klasik ini juga akan mengadakan seminar terbuka tentang literatur musik di zaman Renaisans dan alat musik tiup. Akan ada juga pertunjukkan boneka Concert Conte: “Guignol Recontre Les Punakawan”. Pertunjukkan ini adalah hasil residensi seniman boneka Prancis dan kelompok Gayam16. Acara ini sekaligus masuk dalam rangkaian Jogja Art Week 2015. Terakhir, ada Yannick Cormier yang mengadakan pameran foto dengan judul “Ideas Are Like Fish” yang akan menampilkan wajah Jogja yang lain.

Tahun ini, IFI selaku penyelenggara Printemps Francais 2015 memang mengajak lebih banyak seniman asal Indonesia. Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan festival seni ini menjadi lebih meriah dan memasyarakat. Selain itu juga agar lebih banyak interaksi dan respon dari seluruh peserta festival. Untuk info lebih lanjut, silahkan cek di situs IFI: www.ifi-id.com/yogyakarta [WARN!NG/Titah Asmaning]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.