close

Review Single Adhitia Sofyan – “Aku Enggan ke Bandung Bila Kau Tak Ada”

Aku Enggan ke Bandung Bila Kau Tak Ada – Adhitia Sofyan

Review overview

WARN!NG Review 6

Summary

6 Score

Kali ini Bandung yang mendapat giliran menjadi judul lagu Adhitia Sofyan setelah Yogyakarta, Jakarta, Tokyo dan Adelaide. Tanpa petikan gitar khasnya, lagu ini menghadirkan bebunyian ambien yang imersif dengan synthesizer namun masih dengan tema yang kita kenal dari Adhitia Sofyan.

Menghadirkan imaji kerlipan lampu kota dari kejauhan sekaligus nuansa nostalgis jalanan kosong dari bangku kota ketika dini hari, “Aku Enggan ke Bandung Bila Kau Tak Ada” hadir dengan lirik yang minimalis namun berisi pesan kerinduan yang kuat. Apabila “Sesuatu di Jogja” bermakna menyambangi kenangan di Jogja, “Aku Enggan ke Bandung Bila Kau Tak Ada” berisi tentang setiap sudut kota yang dulu terasa manis yang kemudian kini berubah menjadi ingatan menyakitkan.

Bila “City of Flowers” adalah bagaimana rasanya bersama-sama pergi dari Jakarta dan pindah ke Bandung, kota yang dikenalnya. Lagu “Aku Enggan ke Bandung Bila Kau Tak Ada” terasa melampaui waktu jauh setelah “City of Flowers”, lalu pada suatu waktu mengunjungi Bandung, duduk diam seolah waktu berhenti dan mengenang segala yang terjadi di waktu-waktu setelah “City of Flowers”.

Tak melulu soal pasangan dan Kota Bandung, mendengar lagu ini memicu kontemplasi tersendiri tentang apapun yang pernah dilalui di kota. Ingatan tersebut dapat berupa toko es krim langganan yang setiap hari pembagian rapor saat SD dulu selalu dikunjungi bersama nenek, penjual nasi goreng favorit sehabis olahraga sore di Saraga bareng seorang sahabat yang kini sudah tiada, atau Stasiun Kiaracondong tempat kamu mengantar kakakmu untuk terakhir kalinya. (ipal/WARN!NG)

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.