close

Sri Plecit – Boon Safari

no thumb

boon safari
boon safari

What : Boon Safari

Label : Self released

Genre : Ska

Rilis : 2013

[yasr_overall_rating size=”small”]

Dalam sebuah scene di video Goes To Boon Safari, Grameh (Vokalis Sri plecit) menuturkan interpretasi nama ‘Boon Safari’ dari kacamatanya sebagai ‘perjalanan menyenangkan yang membawa berkah’. Entah akhirnya benar-benar membawa berkah atau tidak bagi Sri Plecit, tapi ‘menyenangkan’ disana memang berarti menyenangkan. Dengan tema karnaval, pendengar akan diajak berjalan-jalan menjelajahi beat-beat ska dari tumbuhnya jaman first wave, rocksteady, 2 tone, hingga third wave didampingi kejutan-kejutan blues punk, reggae, hawaian, jazz, dan keroncong. Tak lupa, kemeriahan ialah hakikat suasana yang berusaha dibangun pada sepenjuru Boon Safari ini.

This Is story about beginning of us and bunch of reason” adalah bagaimana Grameh mengawali sebuah perkenalan atas siapa saja pemandu safari ini (baca: personil Sri Plecit) dalam introduction track bertajuk “Karnaval Sriplecit”. Single yang rilis duluan, “Safari Akhir Pekan”, merupakan shock yang pantas menjadi penyambut pendengar memasuki pintu masuk karnaval. Rute selanjutnya ialah “Ska For Me And You” dan “Selamat Pagi Matahari”, masih ringan dan riang. Namun wahana paling seru ialah “Arena Merah”, derap 2 tone yang mampu merangsang langkah setapak pendengar lanjut menyambangi tembang-tembang selanjutnya. Di tengah perjalanan, temukanlah keroncong pada “Semesta” dan jejak blues rock di “Utarakan Selatan” (feat Rolly Love Hate Love). Lalu dengan lirik yang sederhana, “Marilah Kemari” adalah lagu dengan melodi yang teramat easy listening. Irama menghentak Boon Safari pun mereda dan berakhir bersama hembusan aroma jazz pada “I’m The One”.

Metode penulisan lirik secara kolektif dari total 9 orang personilnya memberikan hasil yang lebih berwarna dibanding karya mereka sebelum Boon Safari. Masih menjunjung tema penggugah semangat dan positive life, beberapa lirik mendapat bingkai seputar keseharian yang menarik. Seperti “Selamat Pagi Matahari” sebagai pengantar rutinitas jumpa pahlawan tanpa tanda jasa dan “Utarakan Selatan”, sebuah perenungan paska akademis. Dalam album fisiknya, masing-masing lirik juga dilampiri artwork bernuansa soft nature sebagai pengilustrasian maknanya.

Packaging album yang menawan melengkapi 11 tembang dalam pentas pengumbar suka ria ala Sri Plecit. Di album pertamanya ini, Sri Plecit memang belum membudidayakan secara maksimal unsur-unsur varian ska mereka. Namun Wipti cs sudah jelas mampu menampilkan Ska sebagai hiburan yang semarak. Pada akhirnya tak ada yang perlu mampu memahami apa itu rocksteady, atau mengenal siapa itu The Specials untuk dapat menikmati Boon Safari . [Warning/Soni Triantoro]

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response