close

Ritual Internasional lighcraft Kembali Dilakukan di Indie Week Canada 2016

canadian-schedule-lightcraft-instagram-friendly
lightcraft Canadian Schedule
lightcraft Canadian Schedule

Berlarut-larut dalam sebuah penyesalan bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Setelah resmi keluarnya sang bassist Rizky Pratama, tidak membuat lightcraft—band indie-rock/dream-pop asal Jakarta—menjadi menyesal berkepanjangan. Bagi lightcraft, mungkin ditinggal seorang personil yang telah berjuang bersama selama enam tahun adalah hal pahit yang mau tidak mau harus diterima. Namun bukan berarti lightcraft berhenti sampai di titik dimana mereka menerima kenyataan yang pahit tersebut.  Di balik cobaan yang menimpa, pasti ada titik cerah yang membuat band ini akan terus mencapai puncak terbaiknya. Terbukti, tidak lama setelah berita kekecewaan tersebut muncul ke permukaan, lighcraft memberikan pernyataan bahwa mereka akan kembali melakukan ritual go-international—yang mungkin telah menjadi rutinitas biasa mereka. Setelah melakukan ritual panggung ke berbagai negara diantaranya, Singapura, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Taiwan, kali ini lightcraft kembali silaturahmi ke Kanada, tepatnya di Indie Week Canada 2016 di Toronto, Ontario. Dengan pencapaian tersebut, lightcraft menjadi satu-satunya band asal Indonesia yang akan tampil di festival musik indie terbesar di Amerika Utara tersebut.

Pencapaian go international bagi band indie/sidestream lokal Indonesia memang tidak perlu dipungkiri lagi. Banyak band yang telah berhasil unjuk diri di perhelatan panggung musik luar negeri. Namun, (mungkin) lightcraft bisa dianggap sebagai band yang telah berhasil merasakan atmosfer panggung internasional di negara yang sama yakni, Kanada, selama dua kali berturut-turut dalam satu tahun. Dan perlu diketahui bahwa lightcraft akan tampil di festival yang sudah tidak asing lagi di ruang lingkup skena musik Kanada. Indie Week Canada, merupakan festival tahunan yang telah berlangsung selama 15 tahun. Dengan begitu, lightcraft telah memberikan prestasi luar biasa dengan mengenalkan nama Indonesia ke kancah musik internasional. Festival yang akan berlangsung mulai dari tanggal 15-20 November ini akan digelar di berbagai macam lokasi yang tersebar di pusat kota Toronto. Beberapa nama pun turut menemani lightcraft diantaranya, Finger Eleven, Philip Sayce, The Dare Nots, The Honeyrunners, Menage, Deon (Singapura), MunizO (Jepang), Silvestre (Mexico), Them&Us (UK), dan masih ada—kurang lebih—300 nama lagi yang akan tampil di Indie Week Canada 2016 nanti.

Dalam rencananya, lightcraft juga akan tampil di sebuah gigs di kota bernama Hamilton pada 18 November 2016. Namun, sayangnya, ajang yang akan direncanakan tersebut tidak bisa ditemani oleh sang drummer Yopi. Bukan mengikuti langkah Rizky, kali ini Yopi hanya berhalangan untuk ikut serta dalam perjalanan lighcraft ke Kanada. Dan untuk mengisi kekosongan pada instrument bass dan drum, lightcraft akan dibantu oleh Cyrus Smylie dan Ben Swirsky dari kuartet rock The Bloor Lees asal Kanada. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Indie Week Canada 2016, kunjungi website resmi mereka di canada.indieweek.com. [WARN!NG/Rahmat Syah]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response