close

ROBBRS Melepas “Amber” sebagai Single Kedua

robbr

Setelah merilis “Spell You Do” pada awal Juni lalu, ROBBRS, unit pop alternatif asal Yogyakarta, merilis single terbarunya yang bertajuk “Amber” pada 11 Januari lalu. Dalam prosesnya, ROBBRS ingin menandai lagu ini sebagai suatu bentuk keresahan mengenai kejadian sosial yang sudah banyak disadari pun belum juga ditinggalkan.

Awalnya, “Amber” dideskripsikan sebagai pemeran utama yang selalu melihat keburukan dalam diri orang lain dan menjelekkannya, membuat mereka merasa kecil. Dari sana, mungkin akan terasa bahwa Amber lah alasan mengapa seseorang menutup dan mengurung diri, sembunyi di balik rasa takut. Namun, pada akhirnya semuanya bukan tentang Amber dan apa yang dia perbuat, melainkan tentang bagaimana tanggapan pendengar mengenai perbuatannya.

Bagi Lintang Larasati, sang vokalis yang menulis lirik “Amber”, ia merasakan bahaya menyerah terhadap perasaan diri yang tidak cukup pantas. Bukannya mencoba berubah ke arah yang lebih baik, tetapi menganggap diri sebagai korban dan tenggelam ke dalam perasaan negatif tersebut. Dalam rilis pers yang diterima WARN!NG, Lintang menjelaskan bahwa semua orang mempunyai pilihan untuk meninggalkan pikiran dan perasaan negatif yang menjajah sebab itu adalah hal yang manusiawi. Namun, ketika diberikan opsi untuk menyalahkan dunia atau membuktikan bahwa yang dinilai dunia terhadap kita salah, hanya hal itulah yang dapat membawa kita melewati hari. “Memang berat untuk melakukannya dan akan selalu seperti itu, namun itu semua akan berlalu, bukan?” ucap Lintang.

Pendengar bisa mendapati beberapa sudut pandang dalam mendengarkan dan mengerti “Amber”, dan karena itu pula beberapa orang menanyakan soal penggunaan kata ganti orang di dalam lirik lagu ini. Namun, ROBBRS menganggap bahwa hal itulah yang menarik, bahwa orang lain bisa menginterpretasi lagu dan menempatkan dirinya sesuai dengan pengalaman hidupnya.

Rilisnya “Amber” menandai langkah awal ROBBRS untuk mengeluarkan sebuah album mini yang akan rencananya akan rilis di pertengahan tahun ini. Single ini dapat didengarkan di akun Soundcloud, YouTube, dan Bandcamp milik ROBBRS serta layanan musik daring seperti Spotify, iTunes, Deezer, dan Apple Music. Video musik ”Amber” juga akan dirilis pada awal tahun ini.

amber

Terbentuk pada 2016, ROBBRS adalah Lintang Larasati (vocal), Farigh Dewanto (bass), Hisar Sinambela (gitar), Awan Hastanto (gitar), dan Maher Sasuka (drum). Mereka berupaya membawa semangat pendengar dengan mengedepankan aransemen musik pop yang identik dengan musik yang mudah didengar, dan lirik yang tidak monoton serta sarat akan pesan. [WARN!NG / Oktaria Asmarani]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.