close

[Album Review] JKT48 – Heavy Rotation

IMG_7677
© Warning/Tommy
heavy rotation

What : Heavy Rotation

Label: Hits Records

Genre: Pop

Rilis : 2013

Irama ceria dipastikan akan teralun setiap kali anda memutar CD album ”Heavy Rotation”. Album JKT48 yang pertama ini adalah sebuah karya yang ditunggu-tunggu oleh para wota(sebutan fans JKT48 -ed) yang senantiasa menanti selama kurang lebih satu tahun pasca mereka debut. Hal ini bisa dibilang merupakan suatu anomali di antara grup musik dalam negeri yang seringkali merilis albumnya sebagai penanda kemunculan ataupun comeback.

Album ini dirilis dalam dua tipe. Tipe A berisikan CD beserta DVD video dokumenter perjuangan 23 personil JKT48 selama setahun. Sedangkan tipe B hanya berisikan CD. Keduanya memiliki konten musik yang sama dengan warna cover yang berbeda, kuning untuk tipe A dan putih untuk tipe B. Secara packaging, album ini cukup memanjakkan para fans dengan banyak foto-foto para personil JKT48. Di samping itu, pada setiap album disertakan bonus janken card (foto satu personil JKT48) yang bisa didapatkan secara random.

Semua lagu yang dibawakan adalah adaptasi dari lagu-lagu dari sister group JKT48 yang berasal dari Jepang, yakni AKB48 dan SKE48. Ditranslasikan secara utuh dari bahasa asalnya, membuat semua lagu memiliki lirik yang unik dan khas. Seolah diajak untuk bernostalgia dengan nuansa dalam soundtrack film-film kartun di era 2000-an. Polos, lucu, dan ceria, namun dengan pembubuhan makna yang lebih intensif di setiap lagu. Beberapa bagian lagu mungkin terdengar kurang relevan satu sama lain, namun dengan keceriaan mereka dalam bernyanyi memaksa kita untuk menerima dan mendengarkan sebagaimana adanya.

Beat yang cepat dan irama yang menghentak-hentak khas musik J-Pop, kental disajikan pada setiap lagunya. Bahkan, lagu-lagu yang sebenarnya memiliki lirik yang sendu seperti ”Jejak Awan Pesawat” atau ”Ponytail to Shu-Shu” menjadi tetap terdengar riang. Setiap lagu dinyanyikan oleh 16 orang member dengan harmonisasi yang solid. Dibandingkan dengan versi Jepangnya yang terdengar lebih cute, versi Indonesia ini cenderung bersuara lebih heavy dan tough, meski diselingi oleh suara tiga orang member yang natif Jepang.

Bagi orang-orang awam yang belum terlalu mengenal JKT48, mungkin terdapat lagu-lagu yang cukup familiar di telinga. Sebut saja ”Heavy Rotation”, ”Karena Ku Suka Dirimu”, dan ”Maafkan Summer”. Silakan berterima kasih pada rentetan iklan-iklan komersial di TV yang memberikan efek subliminal di kepala kita. Lagu-lagu dalam album ini dipilih berdasarkan pertimbangan popularitas serta selera musik masyarakat Indonesia. Absennya lagu ”Aitakatta” yang notabene sudah cukup populer tak pelak menimbulkan banyak pertanyaan di kalangan penikmat JKT48.

Sekedar saran, lagu-lagu di album ”Heavy Rotation” ini sangat cocok untuk dinikmati di pagi hari. Lantunan suara yang bersemangat dan enerjik berpotensi untuk meningkatkan tensi selagi matahari belum tinggi. Sekali lagi, idol group pendatang baru ini mampu memberikan nuansa segar bagi industri musik Indonesia melalui pendekatan, proses, dan karakteristik yang khas dan berbeda dibandingkan para penyanyi wanita yang gemar menari lainnya.

Review dikirim oleh Damar Wijaya (@damarpw)

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response