close

Sangkakala Siap Luncurkan Moviemetalithikum

20141217_162821
20141217_162821
Sangkakala © Warningmagz

DVD film dokumenter Sangkakala segera dirilis. Film yang diberi judul Moviemetalithikum ini akan diadakan di IFI-LIP tanggal 23 Desember nanti. Film ini adalah hasil olahan dokumentasi pesta rilis album pertama band yang digawangi oleh Baron Kapulet, Ikbal Lubys, Rudy Atjeh dan Tatsoy. “DVD ini berawal dari launching album Heavymetalithicum yang didukung oleh Mas Bandist Shaggy Dog,” kata Baron Capulet, vokalis Sangkakala.

Proyek pembuatan DVD ini banyak dibantu oleh Doggyhouse Record. Ini adalah label rekaman milik band legendaris Yogyakarta, Shaggy Dog. Sebelumnya, Sangkakala juga terlibat dalam pembuatan album kompilasi Doggybarks! Vol.1 dengan mereka. Kali ini Doggy House Records secara khusus mendelegasikan tugas pendokumentasian Moviemetalithicum pada Djati Wowok Pambudi, alias Wowok Erwe. Selama ini Wowok lebih dikenal sebagai gitaris cum vokalis band Erwe.

Karena beberapa halangan, proses pembuatan film dokumenter ini memakan waktu cukup panjang. Terhitung sudah setahun sejak peluncuran Heavymetalithikum Desember 2013 lalu. Dalam Moviemetalithicum ini, sedikit demi sedikit misi Sangkakala akan tersibak. Mereka memang tidak sekedar bermain band. Mereka punya misi tersembunyi. Semisal mempopulerkan kembali heavy metal dan glam rock yang sempat hiatus saat grunge muncul. Di film ini juga akan terlihat bagaimana pentingnya artwork, sisi artistik, dan estetika Sangkakala dalam berkarya. Latar belakang mereka di dunia kesenian memang menjadikan Sangkakala punya basic visual yang kuat.

DVD Moviemetalithicum akan dirilis sebanyak 500 kopi. Rinciannya, 100 kopi adalah edisi boxset yang dibanderol Rp 150 ribu dan bisa di order mulai tanggal 15 Desember 2014 untuk memilih nomer urutnya. Selain berisi DVD, paket ini akan berisi bendera, komik strip oleh Iwank Yelloteeth dan pin etsa Sangkakala. Sedangkan paket reguler sejumlah 400 kopi akan dibanderol seharga Rp 50 ribu. Tiket untuk peluncuran inipun sudah bisa didapatkann di Doggy House atau Lasmacan.

Pelepasan DVD ini akan turut dimeriahkan oleh penampilan Sangkakala dalam format akustik, yang tiketnya akan dibatasi untuk 200 orang saja. Lagi-lagi ini hal yang menarik. Karena sepanjang karirnya, Sangkakala baru satu kali tampil dalam format akustik.

Dalam penampilan live kali ini, gitaris Iqbal akan memakai gitar khusus yang ia buat sendiri, Harp of Izrail. Gitar ini dibuat dengan menggabungkan 2 buah gitar bekas yang ditambahi parang dan senar. Selain untuk penampilan akustik, pembuatan instrumen ini juga adalah karya Ikbal untuk proyek “Instrumen Builder Project”.

“Soalnya kalo main akustik biasa ambyar, jadi gimana caranya bikin instrumen aneh yang bisa dimainkan secara normal. Ini bisa buat gitar elektrik biasa, gitar klasik, biola dan harpa,” ujar Ikbal dalam konferensi pers yang dilakukan di Doggy House Rabu (17/12) kemarin.

Selain itu, penampilan akustik ini akan direkam secara live dan akan dirilis dalam bentuk kaset dalam proyek Sangkakala berikutnya. [Titah Asmaning]

B43RQvVCEAEy51C

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response