close
IMG_0315
Sangkakala vs the gribs  © Warningmagz
Sangkakala vs the gribs © Warningmagz

 

Sangkakala perkasa sekali, mau duel dimanapun sangkakala tetap perkasa, duel sengit yang tak boleh usai lah, kita harus terus bertarung,” ungkap Reza, selaku vokalis Gribs.

Purawisata, Kamis (22/5) malam menjadi tempat berlangsungnya konser bertajuk Duel Rock Show. Duel utama antara band tuan rumah Sangkakala melawan band asal Jakarta, Gribs, tersaji malam ini.

Barisan band heavy metal telah disiapkan penyelenggara duel malam ini. Sebagai pemanasan, Warhammer didaulat sebagai pembuka. Dilanjutkan dengan penampilan band metal asal Madiun, Tumenggung. Nomor andalan berjudul sama dengan nama bandnya, “Tumenggung”, mendapat sambutan cukup meriah dari penonton yang hadir. Suasana kian memanas dengan penampilan band tuan rumah, Realino Resort. Kendati beberapa kali terdengar feedback, band ini tetap lantang melibas beberapa nomor.

Macanista (penggemar Sangkakala) mulai merapat ketika band kebanggaan mereka mulai mengokupasi panggung. Goyangan Rudi Atjeh (Bass) membuka penampilan Sangkakala kali ini. Untuk nomor pembuka mereka membawakan “Rock Live at Roller Coaster”. Sempat berganti gitar, Ikbal tetap trengginas memainkan nomor kedua “Hotel Berhala”. Suasana kian memanas dengan percikan kembang api ke udara saat “Hotel Berhala” dibawakan.

Terkaman Sangkakala berlanjut dengan nomor andalan “Sangkakala”. Macanista yang turut meraung membuat suasana kian panas. Raungan berlanjut saat nomor keempat “Kansasdibawakan. Kini giliran kembang api yang menyala dari ujung gitar milik Ikbal. Penampilan Sangkakala pun ditutup dengan nomor “Tong Setan” yang membuat Macanista menggila. Terkaman Baron (vokal) dari depan drum ke tengah panggung mengakhiri penampilannya kali ini.

Ada yang kurang sebenarnya dengan penampilan Sangkakala malam ini. Panji-panji dan atribut macan lainnya tidak nampak berkibar di atas panggung. Hal ini diakui Baron karena konsep acaranya yang berupa duel, hingga tidak mungkin menampilkan konsep macan semata.

Usai dengan raungan si macan, kini giliran band tamu Gribs yang unjuk kebolehan. “Hot Lenny” menjadi nomor pembuka mereka kali ini. Penampilan metal klasik yang begitu dominan terlihat dari tiap-tiap personil Gribs. Selanjutnya nomor “Gir dan Belati” dan “Rock Akhir Zaman” dibawakan secara berurutan.

Di nomor selanjutnya, Rezanov (vokal) hilang dari atas panggung. Posisinya digantikan si pencabik bas, Hugo, yang merangkap sebagai vokal. Nomor “South of Heaven” dari Slayer pun sukses di libas.

Reza kembali muncul dengan membawakan tiga nomor berurutan,  “Hugo Berak”, “Sampai Bertemu di Neraka” dan “Istana Ilusi”. Antusiasme publik Jogja terlihat cukup tinggi melihat aksi gondrong kribo bersaudara ini.

Aksi Gribs dilanjutkan dengan meng-cover lagu ”Yogyakarta”. Penonton yang jelas tak asing dengan lagu ini pun turut bernyanyi. Aksi solo Gribs di akhiri dengan nomor “Saling Percaya”.

Belum usai sampai di sini, penonton ternyata benar-benar disuguhi aksi Sangkakala dan Gribs di satu panggung. Kolaborasi rock ini menghasilkan satu suguhan menarik. “Kerangka Langit” dari band tanah air era 90an, Kaisar jadi nomor pamungkas malam ini.

Ditemui seusai penampilan panggung, kedua vokalis tidak ragu memberikan komentar untuk rival duelnya malam ini. “Gribs malam ini luar biasa ya, kita pernah duel juga sebelumnya, terlihat kita punya karakter kuat di masing-masing,” ungkap Baron. Sementara Reza menukaskan, “Sangkakala perkasa sekali, mau duel dimanapun sangkakala tetap perkasa, duel sengit yang tak boleh usai lah, kita harus terus bertarung”.

Keduanya pun akan menggelar konser bersama sekali lagi pada 25 Mei nanti di kandang Gribs, Jaya Pub Jakarta. [Umar] 

 

Sangkakala vs the gribs  © Warningmagz
Sangkakala vs the gribs © Warningmagz

Date      : 22 Mei 2014

Venue  : Purawisata Yogyakarta

Man Of The Match: Kolaborasi Sangkakala dan Gribs dalam satu panggung

Rating   : !!!

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.