close

Semakbelukar Tolak Penggunaan Lagunya di “Emak Dari Jambi”

David_HersyaRicky_Zulman-600×372
Foto dipetik dari blog Anwar Holid
Foto dipetik dari blog Anwar Holid

Penggunaan lagu “Be(Re)ncana” di film dokumenter Khalyana Shira Production, Emak Dari Jambi tidak mendapat sambutan baik dari Semakbelukar. Dalam pernyataan resmi yang diunggah di situs Elevation Records  tanggal 29 April, David Hersya menuturkan bahwa Semakbelukar tidak ingin lagunya digunakan di film dokumenter Emak Dari Jambi.

Penolakan ini adalah bentuk sikap politis mereka, “Dengan sikap politik semacam itu, akan sangat sulit bagi kami untuk menyetujui karya kami dipakai untuk sebuah karya yang dibuat dengan pembiayaan dari pihak Barat, dalam hal ini Ford Foundation yang menjadi penyandang dana bagi proyek dokumenter Emak Dari Jambi.” tulisnya di situ.

Band yang sempat mencuat dengan musik melayunya ini menyatakan bahwa pembubaran diri mereka pun adalah bentuk penolakan atas kooptasi industri musik. Lagu-lagu mereka seperti “Seloka Beruk” dan “Kalimat Satu” pun mengandung lirik yang sarat perlawanan.

Emak Dari Jambi sendiri adalah salah satu produk Project Change 2015 bentukan Khalyana Shira Production. Film dokumenter pendek ini menceritakan tentang penerimaan akan peristiwa traumatik dan sudah ditayangkan secara terbatas di Galeri Indonesia Kaya, Thamrin, Kamis (29/04) lalu.

Dalam rilis tersebut, Semakbelukar juga tetap berharap film ini menerima sambutan hangat walaupun tanpa penggunaan musik mereka. [WARN!NG/Titah AW]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response