close

Senyap Masuk Nominasi Piala Oscar

473397_620
Senyap
Senyap

“Senyap (The Look of Silence)” masuk dalam nominasi Academy Awards ke-88 kategori Best Documentary Feature. Ini merupakan nominasi Oscar kedua untuk Joshua Oppenheimer. “Sungguh kami merasa sangat tersanjung dapat dinominasikan kembali,” ujar sutradara asal Denmark ini. Dua tahun lalu, film pendamping “Senyap”, “Jagal (The Act of Killing)” juga dinominasikan di kategori yang sama. “Senyap” juga berarti menjadi nominasi Oscar pertama dimana Indonesia tercantum sebagai salah satu Negara produksinya.

Sama seperti film sebelumnya, Joshua Oppenheimer kembali mengorek kebenaran tentang pembantaian kaum komunis dan etnis Cina di Indonesia pasca G30S PKI. Bedanya, Senyap berfokus pada Adi Rukun, salah satu keluarga korban pembantaian tersebut. Ia berkeliling mewawancarai para pelaku pembantaian tersebut. Hasilnya ternyata begitu mencengangkan, senada dengan dalih cek mata untuk meluruskan pengelihatan.

Meski digarap lebih sederhana dibanding “Jagal”,”Senyap” tetap sampai pada tujuannya untuk menguak sejarah yang selama ini banyak disimpangkan. Di Indonesia sendiri, film ini cukup menarik perhatian. Pemutarannya di beberapa tempat banyak diganggu oknum yang menuding film ini mendukung paham komunisme. Sementara di beberapa negara yang lebih maju, Senyap membuka wacana baru akan tragedi yang selama ini banyak terabaikan.

“Senyap” sudah banyak mendapatkan penghargaan, di antaranya dari Berlin International Film Festival dan Venice International Film Festival. Selain Senyap, nominasi Best Documentary Feature juga diramaikan oleh Amy, Cartel Land, What Happened, Miss Simone?, dan Winter of Fire: Ukraine’s Fight for Freedom. Pemenang akan diumumkan di acara puncak Academy Awards pada Minggu (28/2) bulan depan. [WARN!NG/Kevin M.]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response