close

Setelah Hampir Satu Dekade, Radiohead Rilis ‘In Rainbows’ di Spotify

Radiohead Perform At The 02 Arena

 

radiohead
radiohead

Baru-baru ini telah ada kekosongan yang terlihat dari discography Radiohead di Spotify. In Rainbows (2007) dan A Moon Shaped Pool (2016), yang tidak ada di platform streaming ini meskipun telah tersedia pada layanan daring lain seperti: Apple Music dan TIDAL. Tidak diragukan lagi, keputusan ini berhubungan dengan keyakinan Thom Yorke bahwa Spotify tidak adil dalam ihwal kompensasi musisi. Tiga tahun lalu, frontman Radiohead ini secara terang-terangan melawan Spotify, menyebutkan bahwa Spotify merupakan “the last desperate fart of a dying corpse.” Demikian, Yorke menarik katalog solonya dari Spotify.

 

“I feel like as musicians we need to fight the Spotify thing,” ucap Yorke saat itu. “We don’t need you to do it. No artists need you to do it. We can build the shit ourselves, so fuck off. To me this isn’t the mainstream, this is is like the last fart, the last desperate fart of a dying corpse. What happens next is the important part.”

Kini, perkembangan mengejutkan adalah: In Rainbows (2007) sekarang telah tersedia pada Spotify, menjelang A Moon Shaped Pool yang nantinya juga akan tersedia pada 17 Juni mendatang. Belum jelas ada alasan apa di balik manuver dadakan yang dilakukan Radiohead ini, terutama poin utama pada pendapat mereka tentang ‘Spotify’s freemium service’. Dilansir dari Music Ally, Spotify bahkan telah memiliki kesempatan untuk menyediakan A Moon Shaped Pool (2016) pada saat awal rilisnya bulan lalu, dengan syarat: Spotify setuju untuk tidak membuat album ini tersedia untuk pengguna gratis. “Some of the approaches we explored with Radiohead were new, and we ultimately decided that we couldn’t deliver on those approaches technologically in time for the album’s release schedule,” ucap Jonathan Prince, juru bicara Spotify, saat itu.

Penting untuk diketahui bahwa Radiohead akhir-akhir ini telah memperoleh hak mereka untuk menarik enam edisi deluxe dari enam album pertama mereka dari Spotify, dengan diskografi solo Yorke yang tetap tidak tersedia di Spotify. [WARN!NG/Dwiki Aprinaldi]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response