close

Shaggydog Peringati Hari Pahlawan Dengan Meluncurkan ‘Putra Nusantara’ Versi Cakram Padat

shaggydog-putra-nusantara-1-cd
Shaggydog - Putra Nusantara
Shaggydog – Putra Nusantara

Pasca merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia dengan merilis album Putra Nusantara versi digital ke publik. Kali ini Shaggydog mengabarkan peluncuran Putra Nusantara versi cakram padat yang juga bertepatan dengan hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November lalu. Bukan tanpa tujuan, rilisnya Putra Nusantara bersama peringatan hari nasional merupakan bagian dari nafas yang coba digaungkan pada gubahan karya milik Heruwa beserta kolega yang banyak bercerita tentang keadaan anak negeri sekaligus sebagai alat mengkritisi pihak otoritas.

Enam tahun tanpa album dan kemudian muncul dengan karakter yang sedikit berbeda dengan identitas yang selama ini dikenal oleh khalayak ramai, Shaggydog seakan memberi kejutan bagi siapa saja yang mendengar nomor-nomor terbaru yang coba dikenalkan. Putra Nusantara merekam keberanian Shaggydog dengan melakukan lebih banyak pendekatan baru yang membawa mereka kepada kemungkinan lebih luas dalam eksplorasi musik ska.

Kolaborasi bersama musisi ternama semacam Sudjiwo Tedjo dan Iwa K, mampu menambah warna musik yang telah disiapkan secara matang oleh para personil Shaggydog. Kembalinya Danar Pramesti dari Souljah sebagai tandem Heruwa di departemen lirik seakan membangkitkan kembali aura dalam band ini. Di bagian lain, proses mixing dan mastering yang dilakukan di Abbey Road Studio London serta dikerjakan oleh Andy Walter yang kondang dalam mengerjakan karya-karya milik U2, Coldplay, Radiohead dan The cure menjadi bukti keseriusan Shaggydog dalam menggarap Putra Nusantara. Tidak hanya berkolaborasi dengan beberapa musisi, kolaborasi dengan seniman kontemporer Agan Harahap melegitimasi bahwa sisi artwork pada album ini juga patut diapresiasi secara lebih.

Menurut rilis resmi yang diterima WARN!NG, album Putra Nusantara yang dirilis oleh DoggyHouse Records yang berkerja sama dengan Orang Tua ini tersedia dalam kemasan regular (Rp.50.000) dan bokset yang berisi t-shirt, gantungan kunci pembuka botol beserta pin (Rp.150.000), untuk order online dapat mengakses www.albumnusantara.com. Terhitung sejak tanggal 12 November, single kedua bertitel “Rock Da Mic” juga siap mengudara di lantai dansa melalui stasiun-stasiun radio secara nasional. [WARN!NG/Dadan Ramadhan]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response