close

Situs BBC Unggah Kompilasi Musik dari NASA untuk Alien

720×405-GettyImages-164430721
golden vynil
golden vynil

Hampir empat dekade berlalu semenjak NASA menjalankan proyek Golden Record, di mana sepasang kendaraan angkasa Voyager diluncurkan bersama piringan hitam emas yang memuat koleksi musik dan bebunyian dunia anak manusia. Belum lama ini, beberapa konten-konten di dalamnya—mulai dari karya Sebastian Bach hingga Chuck Berry— dikompilasikan dalam sebuah playlist streaming di situs resmi BBC Radio 3.

Menurut Rolling Stone, proyek Golden Record tepatnya dilaksanakan pada tahun 1977 silam, dengan misi mengintroduksikan ragam kultur dan industri di planet bumi via media bunyi. Carl Sagan selaku pemimpin proyek tersebut optimis Golden Record mampu mewujudkan komunikasi dengan alien dan kehidupan di luar bumi. Ia memprediksi ada masa dimana mahkluk-mahkluk yang diharapkan akan menemukan rekaman tersebut.

Dalam piringan hitam ganda itu, terdapat rekaman salam sambutan manusia dari 55 bahasa berbeda, dipadu dengan karya musik dan rekaman suara dari berbagai sudut dunia. Diantaranya, termasuk lagu-lagu aborigin serta bunyi dengung pesawat dan erupsi gunung merapi.

Sementara dari jagat musik populer, rekaman tersebut diantaranya menyajikan lagu-lagu Igor Stravinsky dan sang pionir blues, Blind Willie Johnson. Tim proyek Golden Record juga sempat berniat memasukan nomor “Here Comes the Sun” dari The Beatles, namun ditolak lantaran John Lennon dkk ternyata tak memegang hak cipta lagu itu sendiri.

Sebelumnya, isi rekaman dibuka oleh tutur kata Kurt Waldheim, Sekretaris Jenderal United Nation 1977: “Selaku Sekretaris Jenderal di United Nations, sebuah organisasi dengan 147 anggota negara yang merepresentasikan hampir seluruh penduduk manusia di planet bumi, saya mengirim sambutan perkenalan atas nama warga planet kami. Kami melangkah ke luar dari sistem tata surya kami hanya demi mencari kedamaian dan persahabatan”.

Pernyataan salam tak hanya dimuat dalam isi rekaman, namun juga dari fisik piringan hitam tersebut lewat goresan tangan berbunyi ”Untuk pembuat musik – seluruh dunia, sepanjang masa”. Sayangnya, hingga kini piranti Golden Record itu masih mengapung-apung di luar angkasa, menanti perjumpaan dengan kontak galaksi atau mahkluk-mahkluk semesta yang baru. [WARN!NG / Soni Triantoro]

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response