close

Somnium Kembali Merilis Album Black Campaign

logo

 

Somnium
Somnium

Kolektif musisi asal Bandung, Somnium, kembali merilis album Black Campaign. Album perdana dari unit heavy rock ini sebelumnya telah dilepas pada 15 Maret 2015 lalu oleh Orange Cliff Records dengan tujuh buah nomor di dalamnya. Saat itu, Black Campaign dirilis dalam medium unduh digital, kaset, dan cakram padat.

Perilisan kembali Black Campaign bukannya tanpa perbedaan sama sekali dengan tahun lalu. Kini, dalam pelepasannya yang telah dimulai sejak tanggal 17 Juni 2016, Orange Cliff Records bekerja sama dengan OtaKotor Records. Dirilis secara terbatas sebanyak 20 buah saja, Black Campaign kini berwujud lebih eksklusif, yakni sebagai booklet. Booklet ini dinamakan Eomniym Black Campaign, dimana buku tebal bersampul hitam akan menjadi ‘bungkus’ dari keping kaset Black Campaign beserta empat buah stiker di dalamnya. Untuk mendapatkannya, pendengar hanya perlu mengirimkan surat elektronik ke kotak pesan milik OtaKotor Records.

Black Campaign yang merupakan curahan hati seorang pengidap anxiety disorder ini sarat dengan kritik sosial yang tak bermaksud utopis. Album ini meleburkan inspirasi-inspirasi musikalitas dari The Stooges (terutama album Raw Power-nya) hingga Black Sabbath. Somnium mencampuradukkan semuanya dan membawakannya langsung ke telinga pendengar. Kualitas rekaman yang hampir dapat dikatakan low fidelity menambah intensitas musik yang cadas dari Somnium.

Single pertama dari Black Campaign, “Pigs”, direkam dan dimixing sendiri oleh Rendy Pandita. Hal yang sama pun dilakukan pada keseluruhan album ini, ditambah dengan mastering oleh Jack Control dari Enormous Door Studio, Texas.

Black Campaign
Black Campaign

Somnium adalah Rendy Pandita Bastari (drums, keyboard, vokal, harmonika, gitar), Iqbal Prabawa Wiguna (gitar), dan Riztama Ricky Prawita (bass) [WARN!NG / Oktaria Asmarani].

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.