close

Step By Step Graff

IMG_2451_zps75f5ea18

Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-sepuluh, Squad Store mempersembahkan acara bertajuk “Step By Step” dengan kemasan ‘Graffiti Competition & Hip-Hop Party’. Lokasi sengaja dipilih tidak jauh dari kediaman mereka, hanya berjarak sekitar 20 meter dari toko. Menarik-nya mereka memanfaatkan tanah lapang dengan dinding-dinding seng, panggung dari truk, lengkap dengan barikade dan pintu masuk. Di tempat inilah pesta akan dirayakan, dan siapapun boleh datang.

Aktifitas siang diawali dengan kegiatan lomba, ini adalah lomba yang diadakan kali pertama di acara anniversary, sebelum-nya Squad hanya mengadakan graffiti jamming (menggambar bersama). Cuaca panas-terik tak mengendorkan semangat peserta untuk mengikuti lomba yang terbagi dalam tiga konten, ada ‘sketch’ yaitu menggambar di kertas dengan tematik graffiti, ‘tagging’ yaitu penulisan inisial si pembuat, ‘throw up’ yaitu gambar menggunakan cat semprot yang secara teknis lebih sederhana, kemudian ‘graffiti’ yaitu menggunakan media cat semprot dengan memilih tema khusus dan teknis rumit sehingga memiliki sisi menarik baik secara bentuk dan warna. Para peserta adalah mereka yang sebelumnya telah lolos melalui tahap seleksi, tidak hanya dari Jogja, ada juga dari Bandung, Jakarta, Bekasi, Bogor, dan kota lain. Kategori lomba yang telah disebutkan merupakan esensi langsung dari konsep acara “step by step”, bahwasanya proses pengerjaan sebuah graffiti perlu melalui langkah-langkah tersebut, karena setiap langkah terkandung aspek penting dalam pengerjaan sebuah graffiti. Inilah edukasi yang ingin Squad sampaikan kepada masyarakat, setidaknya melalui kegiatan ini akan membuka pandangan yang jelas sebagai pembeda antara streetart dan vandalisme. Kemudian yang tak boleh dilewatkan adalah graffiti perfom oleh “Zent Prozent” dari Yogyakarta dan “Slac Satu” asal Singapore.

Aktivitas petang waktu-nya hip-hop ditabuh, Step By Step sengaja menyajikan hip-hop oleh karena mengingat sejarah graffiti yang tidak bisa dilepaskan dari hip-hop, graffiti merupakan elemen dari musik hip-hop, meskipun lambat laun kedua hal saling berkembang dengan sendiri-nya. Panggung yang dipandu oleh Duo MC bernama Alit dan Doni mengantarkan penampilan band hip-hop lintas generasi, diantaranya X-man, Streetmic, Slamharder, Los Pakualamos, Begundal Clan, dan D.P.M.B. Antusias penonton yang rerata adalah siswa sekolah patut diacungi jempol, puncaknya pada saat Begundal Clan unjuk panggung, mereka men-settingcahaya panggung dengan bermain-main api dari kaleng cat aerosol, sementara Begundal Clan merayakan dengan api, penonton merayakan dengan debu, yeeaaahh crowd!.

Sepuluh tahun mudah saja ditulis dalam angka ataupun pergelaran selama sehari, namun yang terpenting adalah proses dalam tiap langkah melewati tahun perjalanan. Dalam satu dekade Squad telah merangkum step-stepnya sendiri, yaitu menjadi icon graffiti store, melahirkan squadwriter, dan memprakarsai pergelaran graffiti. Pada akhirnya, perjalanan Squad tidak hanya sebagai toko penyedia peralatan graffiti, namun membawa pergerakan graffiti itu sendiri. Selamat ulang tahun Squad! Tagging your life! [Huhum Hambilly]

 

18 Oktober 2014,

At Lap. Parkir Timur GKI, Jembatan Merah, Yogyakarta

 

Begundal Clan
Begundal Clan
DPMB
DPMB
IMG_2451_zps75f5ea18
IMG_2448_zps220c7ba8
IMG_2404_zps119bbd9a
IMG_2379_zps4ac21014
IMG_2371_zpsd6febb18
IMG_2363_zps4bc543ab
IMG_2357_zps96075e29

 

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response