close

Neil Young Ajak Fans Boikot Starbucks

Neil Young At The 16th Annual Bridge School benefit concert

Neil Young At The 16th Annual Bridge School benefit concertMenyerukan boikot kepada Starbucks dan peringatan untuk Presiden Obama

Neil Young mengajak warga Amerika untuk memboikot Starbucks dalambrangka menanggapi keputusan perusahaan kedai kopi tersebut untuk bersekutu dengan perusahaan agrokimia Monsanto atas gugatan yang dilayangkan negara bagian Vermont.
Seperti ditunjukkan oleh Genetic Literacy Project, yang diberitakan Stereogum, bahwa Vermont telah mengesahkan regulasi perihal kadar organisme hasil rekayasa genetika yang (harus) terdapat dalam sebuah makanan. Dimana dalam regulasi tersebut dikatakan untuk produk susu, daging, alkohol, dan sajian restauran tidak berlaku pengenaan GMO. Namun, Mosanto melawan peraturan tersebut. Dalam pernyataan yang dimuat melalui situs resminya, Young mendesak penggemar untuk menjauh dari Starbucks sampai mereka memotong hubungan dengan Mosanto. “Monsanto mungkin tidak peduli apa yang kita pikirkan – tetapi sebagai perusahaan publik ternama, Starbucks seharusnya peduli,” tulisnya. “Jika kita dapat menghasilkan perhatian yang cukup, kita bisa mendorong Starbucks untuk menarik dukungan untuk gugatan, dan kemudian menekan perusahaan lain untuk melakukan hal yang sama.”

Young menambahkan, “Vermont adalah negara yang kecil. Sebuah pedesaan dengan  600.000 orang di dalamnya. Pertarungan Vermont dan Monsanto seperti kisah klasik David melawan Goliath. Mengingat bahwa Starbucks telah progresif pada LGBT dan isu-isu perburuhan di masa lalu, itu mengecewakan ketika mereka bekerja dengan penjahat terbesar dari mereka semua bernama Monsanto. ”

Penyanyi-penulis lagu ini juga menyerukan protes kepada Presiden Obama. Neil mengingatkan Obama akan dimakzulkan karena keterlibatannya dengan fracking, sebuah proses kontroversial yang melibatkan pemompaan air, pasir dan bahan kimia ke dalam bantalan gas batu.

Ketika ia ditanya Stephen Colbert dalam acara The Colbert Report perihal pemberhentian Obama atas serangkaian kasus dengan Irak, Neil menjawab diplomatis, “Saya pikir dia harus dihentikan atas kasus fracking. Ini memang bukan perhatian warga Amerika, namun saya bagian dari dunia bebas. Dan dia (Obama) adalah pemimpin dunia bebas!” [WARN!NG/ Muhammad Faisal]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.