close

[Movie Review] Taken 3

taken-liam-neesonjpg-96511a85e163028c
taken-liam-neesonjpg-96511a85e163028c

Director                : Olivier Megaton

Cast                       : Liam Neeson, Famke Jensen, Maggie Grace, Forest Whitaker

Tahun Rilis          : 2015

Ketika pertama kali dirilis tahun 2009, Taken tak lain adalah film action yang seadanya dan sebagaimana harusnya disajikan. Tak ada yang membedakanTaken dengan film action pada umumnya. Namun, Taken tetap menjadi film yang layak ditonton dan digemari penontonnya. Taken juga sukses dalam urusan finansial. Fakta ini yang mendorong studio untuk membuat sequel selanjutnya, Taken 2, tanpa menyajikan hal yang baru di dalamnya.Tidak cukup sampai disitu, Taken 3 pun dirilis. Inilah yang menjadi masalah utama dalam serial film Taken. Tidak ada pembaruan yang berarti dalam ketiga film ini. Aksi cekatan dari tokoh utama yang sangar memang menjanjikan tontonan yang seru, tetapi bukan sesuatu yang awet atau bias didaur ulang.

Sedikit perbedaan dari Taken 3, kali ini tidak ada keluarga Bryan Mills (Neeson) yang diculik. JustruTaken 3 dimulai dengan terbunuhnya Lenore (Jensen), mantan istri Mills. Kejadian ini dibuat sedemikian rupa agar Bryan Mills terlihat sebagai pelakunya. Sisanya, Bryan Mills lari dari kejaran polisi dan mencari kebenaran akan pembunuhan istrinya. Meski telah menerapkan perubahan ini, secara keseluruhanTaken 3 tetap gagal memberikan penyegaran terhadap franchise film Taken. Taken 2 sendiri telah gagal menghidupkan kembali antusiasme film pertamanya. Sementara Taken 3 hanya memperjelas keadaan tersebut.

Akhirnya, tidak banyak yang bias didapat dari Taken 3. Plot yang digunakan telah usang. Aksi-aksi yang dibatasi agar lolos rating PG-13 juga tidak meningkatkan kualitas film sama sekali. Penambahan karakter antagonis sebagai salah satu twist dalam ceritanya juga justru hanya membuat keseluruhan narasi menjadi tidak jelas dan tidak mendasar. Performa para aktor di dalamnya juga tidak ada yang istimewa. Forest Whitaker sebagai detektif yang memahami kasus ini lewat bagel menjadi karakter terburuk dalam Taken 3. Bahkan, karisma Liam Neeson yang memerankan Bryan Mills ikut memudar. Sedih rasanya melihat actor yang telah membuktikan kelasnya lewat karakter Oskar Schindler atau Ra’s Al-Ghulharus memainkan karakter yang tergerus banalnya serial film yang mengikuti jejak The Hangover. Sebagai film sendiri, Taken 3 tetap menjadi film action yang sedikit menghibur. Namun, lebih luas lagi, mungkin Taken 3 bisa menjadi pengingat untuk menyudahi petualangan Bryan Mills dalam melindungi keluarganya.

Riviu ini dikirim oleh: Muhammad Kevin

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response