close

Tattoo Merdeka #3 Siap Digelar

Jpeg
presscon tato merdeka
presscon tato merdeka

Berawal dari bentuk solidaritas untuk kawan di komunitas GENTO (Gerombolan Tukang Tattoo Yogyakarta) yang tertimpa musibah, kini Tattoo Merdeka #3 siap digelar. Pada tahun ketiganya, Tattoo Merdeka mengambil tema besar kebudayaan Indonesia, “Negri Warna-Warni”. Hal tersebut dikarenakan Indonesia kaya akan budaya dan ilmu pengetahuan, dan bahwa tato itu sendiri adalah suatu produk kebudayaan sejumlah daerah di Indonesia.

Tattoo Merdeka #3 akan diselenggarakan di Jogja National Museum (JNM) pada tanggal 17 Agustus 2016. Dimulai dari pukul 09.00 hingga 22.00 WIB, Tattoo Merdeka #3 akan menyajikan berbagai kegiatan menarik. Diantaranya adalah upacara Bendera Hari Kemerdekaan Indonesia, Perang Tattoo, Instalasi Visual RONTEK BERGERAK, Pemutaran Film Dokumenter “Bless This Mess”, Performence Traditional Tattoo oleh Tandur Tattoo, Pagelaran Seni Tari “Kridho Budoyo” oleh Warga Gampingan, Hiburan Musik serta Tattoo Charity yang menjadi kegiatan utama GENTO.

tato merdeka
tato merdeka

Acara dimulai dengan upacara bendera, diikuti Perang Tattoo oleh 62 tattoo artist dari segala penjuru Indonesia. Kemudian akan ada Pameran Instalasi Visual RONTEK BERGERAK—sebuah kelompok praktisi seni rupa asal Yogyakarta yang menggunakan media rontek, serta pemutaran film yang bercerita tentang hubungan tato dengan kelamnya dunia penjara. Dilanjutkan dengan pertunjukkan tato tradisional dan pagelaran seni tari, band dan pengisi acara hiburan akan hadir pukul 16.00. Beberapa band yang akan tampil yakni The Produk Gajh, Black Boots (Kuasa Hangus), Teknoshit, Rotorhead, dan Ras Inggi. Kegiatan utama dan terakhir, Tattoo Charity akan dimulai dari pukul 11.00-20.00; dengan nominal Rp. 250.000 pengunjung telah berpartisipasi untuk turut berdonasi.

“Tattoo MERDEKA adalah momen untuk berbagi dan merayakan kemerdekaan Indonesia. Bukan tentang memerdekakan golongan itu, golongan ini, dan golongan itu. Ini untuk kita, untuk saudara kita, dan bangsa kita. Dirayakan untuk semua, bertato ataupun tidak,” jelas Herjun Sasmita, divisi humas dan publikasi Tattoo MERDEKA #3.[kontributor/Chris Tjandra]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response