close

Teror Fasisme di Pemutaran Senyap di UGM

10846076_10203313930358800_217223543155742226_n

 

10846076_10203313930358800_217223543155742226_n

Rabu malam (17/12), diskusi & pemutaran film The Look of Silence di FISIPOL UGM dibubarkan secara paksa. Sekelompok orang dari dari organisasi masyarakat mendatangi kampus sekitar pukul 20.00, setelah sesi pertama pemutaran film selesai. Mereka keberatan film ini diputar karena menyinggung perasaan mereka yang konon kerabatnya dulu dibantai oleh PKI.

Acara pemutaran yang diinisiasi oleh LPPM Sintesa dan Warn!ng Magazine ini sebenarnya hanya akan berlangsung 1 kali dengan disertai diskusi. Namun, karena jumlah penonton yang datang membludak dan kapasistas ruang yang terbatas, panitia berencana mengadakan 2 kali sesi pemutaran sebelum diskusi. Sekitar 200 orang hadir dan hampir separuh diantaranya terpaksa tidak bisa menonton film karya Joshua Oppenheimer ini. Sebelumnya, di hari yang sama pihak kampus sempat membatalkan izin penyelenggaraan acara ini dengan alasan keamanan setelah menerima pesan dari dari pihak keamanan. Setelah proses negosiasi berlangsung, pemutaran akhirnya tetap diadakan tapi dipindahkan ke dalam gedung BG 101.

Di hari yang sama, pemutaran film Senyap di kampus Institut Seni Indonesia (ISI) juga dibubarkan secara paksa. Pihak panitia pun sempat menerima broadcast message dari Forum Umat Islam DIY yang berisi tentang ancaman pembubaran pemutaran film ini. Beberapa polisi plus pihak keamanan kampus sebenarnya sudah berjaga sejak sebelum acara dimulai. Namun ternyata ormas tetap berhasil menghentikan acara ini tanpa perlawanan berarti dari pihak kepolisian maupun pihak kampus. Panitia yang mencoba melakukan dialogpun tidak berhasil karena pihak ormas terlihat tidak mau berdialog, sebelum akhirnya langsung pergi.

“Ternyata kampus, UGM pula, belum bisa memberi fasilitas untuk ruang-ruang diskusi semacam ini, kalau di kampus gak bisa mau dimana lagi?” ujar Tomi Wibisono, moderator pemutaran Senyap di UGM ini.

Pemutaran dan diskusi film sendiri sebenarnya merupakan agenda rutin yang diadakan LPPM SINTESA setiap bulan. Dipilihnnya film Senyap untuk diputar bulan inipun lebih karena alasan ilmiah. The Look of Silence sendiri bercerita tentang tragedi pembantaian tertuduh PKI tahun 65 . Meskipun di beberapa pemutaran terjadi kendala seperti yang terjadi di FISIPOL UGM ini, siapapun bisa masih bisa melakukan pemutaran maupun diskusi dengan melalukan prosedur di situs resmi film senyap: filmsenyap.com. [Warning/Titah Asmaning]

 

Baca -> Kronologi Pembubaran Diskusi dan Pemutaran Film Senyap di UGM

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.