close

Bad Religion – True North

no thumb
20130330-131620.jpg

 

What : True North

Label : Epitaph

Genre : Punk Rock

Rilis  : 2013

[yasr_overall_rating size=”small”]

True North membawa Bad Religion kembali ke masa kejayaan di album-album dekade awal mereka. Setelah mencoba bereksperimen di dua album sebelumnya, “New Map of Hell” dan “The Dissent Of Man”, album ke enambelas ini sukses membawa mereka kembali ‘pulang’.Dengan total 35 menit,  rata-rata durasi dua menit untuk setiap lagu, bisa dibayangkan bagaimana cepatnya mereka bermain.

Album yang dirilis label Epitaph ini dimulai dengan nomor ‘True North’. Lagu yang kembali mengingatkan pada album-album seperti “No Control” & ”Recipe For Hate”. Sound serupa juga terdengar di nomor “In Their Hearts is Right”,”Nothing To Dismay”. Hanya “Hello Cruel World” satu-satunya lagu dengan Mid-tempo, dan yah, terdengar alunan keyboard disana.

Energi album ini, terdapat di nomor “Fuck You”, memakan waktu tiga tahun proses penggarapan, lagu ini terdengar sempurna baik dari lirik maupun musiknya. Nomor ini merupakan ekspresi kemuakan Bad Religion terhadap orang-orang dengan slogan omong kosong. Dilagu ini Graffin(penulis lirik) juga membawa-bawa psikolog Russia, Ivan Pavlov dengan teriakan “pavlovian rude”

Greg Graffin, sang vokalis (profesor di bidang zoology) tak lelah untuk menyerang masalah sosial-politik. Tak berhenti menyerang institusi agama dan pemerintahan yang korup. Pesan-pesan itu tersaji secara gamblang di nomor “Popular Consensus”, “Robin Hood In Reverse”. “The Land of Endless Greed”, “Department of False Hope”. Nomor “Robin Hood In Reverse” menjadi lagu paling kritis di album ini, dari institusi agama, hingga kaum kaya disikat habis, semakin lengkap dengan hooks  satire “This is a tale of robin hood in reverse” yang mudah diingat.

Bad Religion memang khas dengan pemilihan diksi yang rumit. Tidak hanya bagi orang asing, beberapa kata seperti “Plutocart”, “Preceriat”, “Wont”, merupakan diksi yang tidak lazim digunakan. Menunjukan kelasnya sebagai seorang profesor. Cukup kontradiksi mengingat mereka memainkan musik punk, dimana mayoritas band yang berteriak keras dengan bahasa yang mudah dicerna dan cenderung kasar. Dan benar, disinilah keunikan Bad Religion. Tetap statis dengan gaya penulisan lirik, namun dinamis dari segi musikalitas. [Warning/Tomi Wibisono]

 

Tags : Bad religion
warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response