close

‘Tyranation’, Album Pembuktian Kreatifitas Tanpa Batas DeadSquad

deadsquad-personil

Dikenal sebagai jawara pengusung technical death metal yang dimiliki indonesia, terhitung sejak tanggal 20 November 2016 lalu, DeadSquad kembali menyeruak dengan album penuh terbaru bertajuk Tyranation. Abum ketiga setelah Horor Vision (2009) dan Profanatik (2013), merupakan gubahan karya yang sudah memulai proses rekamannya pada Desember 2015 silam.

Keseriusan DeadSquad dalam menggarap album yang dirilis oleh M8 Records tersebut dibuktikan dengan banyak melibatkan musisi lain bahkan dari luar pakem metal untuk ikut berkontribusi menyihir para pendengar setia DeadSquad. Selain kontribusi Coki (Christopher Bollemeyer) yang telah hadir dalam dua album terdahulu, kali ini juga masih menunjukkan tajinya dalam nomor “The Comfort of Retardation” dan solo gitar “Tyranation”.

Masuknya Alan Musyfia pada posisi bass dan Karisk pada additional gitar juga mampu menambah keberingasan serbuan Tyranation di sepuluh nomornya. Tak hanya sampai disitu, seniman kawakan dan eksentrik semacam Sujiwo Tejo juga hadir menyanyikan lantunan mantra dalam dua lagu pembuka dan penutup di album ini.

Dewa Budjana sebagai salah seorang maestro jazz juga turut serta memperlihatkan kepiawaiannya mengolah dawai gitar di nomor “Apocalypse For Sale” dengan cita rasa avant garde ala Dewa Budjana. Sahabat seperjuangan lainnya, Andra Ramadhan juga menorehkan jejak cadas solo gitar tanpa ampun untuk nomor “Menyangkal Sangkakala”. Adam Vladamp yang dikenal sebagai pemain bass milik Koil, terbukti sukses menambahkan ragam background noise di album ini. Yang terakhir, Arie Dagienkz juga tak ketinggalan menyumbangkan suara khasnya pada bagian akhir nomor “Menyangkal Sangkakala”. Untuk proses mastering DeadSquad menyerahkan kepercayaannya kepada Stephan Santoso, seorang sound engineer yang berpengalaman dalam mengolah warna musik yang beragam.

tyranation-cover
tyranation-cover

Menurut rilis resmi yang diterima WARN!NG, dengan peran serta beberapa musisi non-metal dalam album Tyranation, merupakan sebuah langkah baru dalam perjalanan musik DeadSquad. Langkah ini menjadi bagian dalam upaya membuktikan bahwa kebrutalan extreme metal tidak mengenal batas kreatifitas dalam menghasilkan karya seni yang tetap berhasil menjadi refleksi dari jati diri DeadSquad. [WARN!NG/Dadan Ramadhan]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response