close

WSATCC Rilis Film Dokumenter di Awal April

18fba012_White Shoes and The Couples Company
wsatcc
wsatcc

Sekstet pop asal Jakarta, White Shoes & The Couples Company (WSATCC), bekerjasama denganRURU Corps dan Digilive memproduksi film documenter bertajuk White Shoes &The Couples Company di Cikini. Produksi film ini merupakan kelanjutan dari pergelaran konser tunggal “WSATCC Konser di Cikini” yang telah diselenggarakan di Graha Bhakti Budaya Taman Ismal Marzuki pada Agustus 2015 lalu.

White Shoes &The Couples Company di Cikini mendokumentasikan peristiwa yang terjadi dalam konser tersebut. Mulai dari saat-saat persiapan, momen-momen di belakang panggung, sampai titik puncaknya ketika mereka tampil di atas panggung. Selain itu, film ini juga bercerita tentang kisah-kisah menarik dari Aprilia Apsari, Yusmario Farabi, Saleh Husein, Ricky Virgana, Aprimela, dan John Navid sebagai personilnya. Baik dari masa-masa awal terbentuknya kelompok music ini, dan hubungan spesial yang terjalin antara WSATCC dan Cikini, tempat dimana mereka mulai menuntut ilmu di Institut Kesenian Jakarta, berteman, dan juga bermusik bersama.

Film berdurasi 84 menit ini disutradarai oleh seorang perupa yang juga merupakan sahabat dari WSATCC, Henry Foundation. Ia adalah frontman dari band Goodnight Electric yang juga dikenal sebagai salah satu sutradara video musik di Indonesia yang paling produktif pada awal hingga akhir tahun 2000-an. Pemutaran perdana dan distribusi film ini dilakukan oleh Kolektif, sebuah inisiatif distribusi film dari Yayasan Cipta Indonesia.

Acara tahunan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2014, Film Musik Makan (FMM) akan menjadi ajang penayangan perdana film White Shoes & The Couples Company di Cikini ini. Film ini akan diputar pada hari Minggu, 3 April 2016 di Goethe Haus Jakarta. Tidak hanya menayangkan dokumenter WSATCC, FMM 2016 juga menayangkan 13 buah film lainnya, baik film panjang maupun pendek.

Setelah FMM 2016, bersama 13 film lain yang juga ditayangkan di dalamnya, film documenter White Shoes & The Couples Company di Cikini akan berkeliling Indonesia bersama komunitas rekanan Kolektif seperti Rumata Art Space, INFIS, Minikino, Simamat, dan Sudut Pandang yang tersebar di Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Palu, Makassar, Bali, Bengkulu, dan beberapa kota lainnya. Lewat program ini, Kolektif akan mengundang komunitas untuk memutar film-film tersebut di ruang alternatif.

Melengkapi perilisan filmnya, single terbaru dari WSATCC yang bertajuk “Senja” telah dirilis sejak 30 Maret kemarin di kanal Soundcloud mereka. Single ini juga akan dilepas dalam format CD pada 3 April 2016 mendatang, bersamaan dengan pemutaran perdana film documenter WSATCC di Cikini. Sebelumnya, lagu ini telah dirilis dalam album self-titled WSATCC pada tahun 2005. WSATCC dan komponis Lie Indra Perkasa merekam komposisi baru “Senja” dalam format orchestra dengan dukungan musisi-musisi dari Budapest  Scoring Orchestra. Lagu ini kemudian direkam secara terpisah di Budapest dan Jakarta. [contributor: Oktaria Asmarani]

warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.