close

[Album Review] You Me at Six – Cavalier Youth

Untitled

Cavalier Youth

You Me at Six – Cavalier Youth

Virgin Records

Watchful Shot           : “Fresh Start Fever”, “Room to Breathe”

[yasr_overall_rating size=”small”]

Muda berarti congkak! Muda berarti bebas! Juga, muda berarti penuh ambisi. Inilah tiga karakter manusia muda yang dijejalkan dalam tone penuh energi di album keempat You Me At Six, Cavalier Youth. Dengan tempo yang cenderung cepat dan irama drum yang menghentak, jelas menjadi penegas karakter muda di album garapan band asal Inggris ini.

Mendengar album ini sama halnya dengan menyibak kompleksitas hidup kaum muda yang dinarasikan secara lugas melalui dua belas nomor. “Too Young to Feel This Oldmenjadi satu lagu di awal yang berisikan lirik menolak tua dan keangkuhan manusia muda. Reff yang pendek dan berulang membuat tembang ini terdengar begitu anthemic.

“Fresh Start Fever” menjadi nomor lanjutan yang terasa begitu emosional. “The brave die young and that’s all right for some/ Let’s make resolutions/ I’ve only got problems and no solutions/ You’re just someone to the world/ But you’re the world to someone else who told you” adalah lirik yang tertuang di bait ketiga nomor ini. Selain lirik yang tajam, chord minor dengan paduan vokal penuh penekanan kian menguatkan emosi.

Lalu, apa guna masa muda jika tak optimis? Pesan ini yang diusung di nomor “Lived a Lie”. Tone optimis begitu terasa di lagu ini. Ditambah pula dengan lirik “We are belivers/ we are believers” yang diulang tak kurang dari delapan kali. Jelas ini akan jadi chant kala mereka tampil secara live.

Tak lengkap rasanya jika masa muda yang singkat ini tak dibumbui dengan persoalan romansa. Album ini juga mengungkapkan kemarahan sekaligus keangkuhan dalam romansa anak muda di nomor “Room to Breathe”. Penggalan reff “I need a little room to breathe / You’re making this hard for me/ When all I need is to be set free” yang diulang hingga tiga kali jelas akan terasa sangat pedas jika diucapkan pada kekasih Anda. “Be Who You Are” juga menjadi lagu dengan nuansa romansa namun akan berkebalikan dengan nomor sebelumnya. Nomor ini berisikan lirik-lirik picisan dengan tempo lembut. Ini menjadi satu-satunya lagu yang bisa disebut cooling down di album ini.

Kompleksitas hidup kaum muda yang dinarasikan di album ini secara utuh akan terasa padu dan menggairahkan. Meski dengan komposisi musik yang sederhana, lirik yang dalam dan bait-bait “anthemic” tetap akan tetap jadi daya pikat tersendiri di album ini. Lewat album ke empat ini, andai You Me at Six memang masih beridelaisme layaknya pesan di lagu “Too Young to Feel This Old”, sepertinya mereka pantas congkak. [WARN!NG/ Umaru Wicaksono]

Tags : cavalier youth
warningmagz

The author warningmagz

Leave a Response